Breaking News:

Tingkatkan Ekonomi Selama Pandemi, Warga Kedawung Sragen Ini Budidaya Tanaman Agro Pisang Cavendish

Pengabdian tersebut diharapkan bisa membantu dan memberikan solusi nyata kepada masyarakat sesuai bidang ilmu yang dimiliki.

Editor: Eka Fitriani
Dian Maharani/Kompas.com
Pisang cavendish berkulit mulus yang telah dibersihkan. Pisang ini akan matang dan berubah menjadi kuning untuk siap dimakan 

TRIBUNSOLO.COM - Tim pengabdian masyarakat Universitas Terbuka Surakarta berencana akan melakukan budidaya pisang cavendish di Desa Gondang, kecamatan kedawung, kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dosen di Universitas Terbuka Surakarta terhadap peningkatan ekonomi warga, dan juga pemanfaatan lahan.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Boyolali Mirip Mendiang Didi Kempot, Yan Vellia Doakan Sukses

Baca juga: Universitas Terbuka Surakarta, Mengakomodasi Kebutuhan Belajar Melalui Keunikannya

Ketua tim pengabdian masyarakat, Beti cahyaning Astuti, M.Sc menyampaikan bahwa kegiatan abdimas ini rencananya akan dilakukan dengan melibatkan kelompok tani di lokasi setempat.

"Sebagai masyarakat agraris, potensi hasil tani dari wilayah sragen bisa dioptimalkan dalam komoditas yang lain," katanya.

"Pisang cavendish ini merupakan tanaman tropis yang mudah penanamanya dan perawatannya namun memiliki nilai ekonomis yang tinggi," katanya.

Kondisi pandemi memungkinkan banyak pekerja sektor industri dirumahkan.

Pengabdian tersebut diharapkan bisa membantu dan memberikan solusi nyata kepada masyarakat sesuai bidang ilmu yang dimiliki.

Rencananya terdapat sekitar 1.000 bibit pisang cavendish yang akan diberikan kepada warga untuk ditanam dan dibudidayakan.

Kegiatan pengabdian tersebut akan dilaksanakan pada semester dua mendatang, merupakan hasil diskusi dan pemetaan potensi yang bisa dimaksimalkan pada masyarakat di wilayah kerja UT Surakarta.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved