Breaking News:

Berita Solo Terbaru

RS Darurat Corona di Asrama Donohudan di Depan Mata, Tapi Nakes Diakui Terbatas, Bagaimana Nasibnya?

Meski sudah ada rencana Asrama Haji Donohudan jadi RS Darurat Covid-19, tetapi masih ada permalasahan pelik.

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
ILUSTRASI : Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) bersiap melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk membersihkan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat penanganan virus COVID-19, dan tempat tersebut akan menjadi rumah isolasi bagi pasien mulai hari ini Sabtu 21 MaretT 2020. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Meski sudah ada rencana Asrama Haji Donohudan jadi RS Darurat Covid-19, tetapi masih ada permalasahan pelik.

Ya, jumlah tenaga kesehatan di Kota Solo tak sebanding dengan jumlah pasien yang ditangani.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani menjelaskan, untuk itu Pemkot dan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng mengajukan bantuan tenaga kesehatan ke pusat.

Pasien Covid-19 tengah berjemur di kompleks Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (29/5/2021).
Pasien Covid-19 tengah berjemur di kompleks Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (29/5/2021). (TribunSolo.com/Azhfar Muhammad)

Baca juga: Corona Varian Delta Masuk Solo, Pejabat Pemkot Solo Tuding Akibat Pasien Kudus Dibawa ke Asrama Haji

"Kita butuh bantuan di rumah sakit darurat di Asrama Haji Donohudan," katanya kepada TribunSolo.com, Kamis (15/7/2021). 

Dirinya menjelaskan bahwa para nakes di Solo memiliki banyak tanggungan dari mengawasi pasien Covid 19 yang isolasi mandiri hingga di ruangan ICU. 

"Kami sendiri kewalahan tidak hanya nakes, tapi juga relawan, petugas Dinkes hingga aparat lainnya yang ikut membantu," terangnya. 

Selain tenaga kesehatan nanti juga akan diajukan alat kesehatan yang memadai sebagai prosedur rumah sakit darurat. 

"Tentu tidak selengkap Rumah Sakit Dr Moewardi, tapi setidaknya mampu untuk penanganan pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, mengungkapkan nakes selain bertugas di penyembuhan juga ikut serta di proses vaksinasi yang merupakan bentuk upaya pencegahan. 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved