Breaking News:

Setelah Susu Beruang, Kini Air Kelapa Diburu karena Dianggap Sembuhkan Covid-19, Ini Kata Ahli Gizi

Beberapa waktu lalu fenomena warga berebut beli susu beruang sempat viral di media sosial.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
makassar.tribunnews.com
Ilustrasi Air Kelapa. 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa waktu lalu fenomena warga berebut beli susu beruang sempat viral di media sosial.

Fenomena tersebut sontak menarik perhatian publik hingga disebut sebagai panic buying.

Baca juga: Viral Video PNS Kelabakan saat Ketahuan Nongkrong di Jam Kerja, Satpol PP Ungkap Sudah Berulang Kali

Setelah fenomena susu beruang kini muncul tren baru di masyarakat.

Kini air kelapa disebut-sebut memiliki efek baik pada pasien Covid-19.

Namun perlu diketahui, belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa bisa menjadi obat untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Akan tetapi, kandungan nutrisi pada air kelapa memang terbukti dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh kita.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari M.Gizi, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Menurut Juwalita, hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa manfaat air kelapa mampu berfungsi sebagai obat walaupun mungkin saja bisa meningkatkan imunitas dari kandungannya.

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subyektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif," kata Juwalita.

Apa pun untuk menelaah nutrisinya, kita harus mengamati kandungan macronutrient (makronutrien) dan micronutrient (mikronutrien). Secara makronutrien, yakni sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Perannya dalam meningkatkan imunitas dan manfaat baiknya untuk kesehatan, makronutrien pada air kelapa, sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat. 

Makronutrien dalam air kelapa adalah 94 persen isinya air, 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Jika kita amati mikronutiennya, kandungan yang menonjol pada air kelapa adalah vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Berikut beberapa fakta kandungan air kelapa dan hubungannya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Viral Kisah Penyintas Covid-19 Minta Susu Beruang Malah Dibelikan Susu Anak-anak, Begini Ceritanya

1. Vitamin B6

Kandungan nutrisi air kelapa yang erat kaitannya dengan meningkatkan imunitas pertama adalah vitamin B6.

Vitamin B6 itu dikenal sebagai Folat. Vitamin B, terutama B6 dan folat, seperti yang terkandung dalam air kelapa memang sangat berperan pada imunitas tubuh secara keseluruhan.

"Sistem imunitas kita ini kan sebetulnya sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, bulu-bulu getar di saluran pernapasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit," kata dia.

"Jika kita melihat perannya, vitamin B6 ini perannya besar sekali di dalam sistem imun," tambahnya.

Lebih lanjut, Juwalita berkata kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari vitamin yang ada di dalamnya. Sehingga, dengan mengonsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

Vitamin B banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh kita banyak didukung oleh vitamin B.

2. Kadar elektrolit

Dalam penjelasannya pula Juwalita menyebutkan bahwa imunitas akan meningkat jika rutin mengonsumsi air kelapa. Karena manfaat kadar elektrolit pada air kelapa tersebut.

Kadar elektrolit di dalam air kelapa memang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium. Kedua unsur ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Artinya, terkait juga dengan pencegahan penyakit komorbid pada Covid-19.

Sebenarnya, menurut Juwalita, tidak hanya dua poin tersebut saja yang menghubungkan air kelapa dengan peningkatan imunitas tubuh kita.

Kebiasaan baru mengonsumsi air kelapa ini sebenarnya hal positif. Banyak sekali keuntungan dari alam yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. 

"Tetapi perlu diingat juga, tidak ada satu jenis makanan pun yang lebih unggul daripada makanan lainnya, dalam arti ketika mengonsumsi makanan dan minuman, kita harus tahu tujuannya apa, kita mau memenuhi nutrisi mana," tegasnya.

Kebiasaan minum air kelapa ini boleh-boleh saja, asalkan kita tetap menjaga variasi makanan kita, karena prinsip nutrisi seimbang adalah kita dapat menjaga variasi makanan kita, sehingga seluruh kebutuhan makronutrien dan mikronutrien dapat tercapai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahli: Air Kelapa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, tetapi Bukan sebagai Obat", 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved