Breaking News:

Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 1 Juta: Mohon Maaf Tidak untuk Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Kriteria lainnya, calon penerima BSU berada di zona PPKM Level 4 yang telah ditentukan melalui keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Editor: Hanang Yuwono
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi uang. BLT Gaji akan disalurkan kembali tahun 2021, ini kriteria penerimanya. 

TRIBUNSOLO.COM -- Imbas diterapkannya kebijakan PPKM Level 4 di sejumlah wilayah Indonesia, pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan menyalurkan subsidi gaji,

Diberitakan, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan berupa subsidi gaji/upah bagi buruh (BSU) di tahun 2021.

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Cair dengan Besaran Rp 1 Juta, Simak Syarat Beserta Wilayah yang Bisa Memperoleh

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Bakal Ada Lagi Tahun Ini, Begini Kata Sekjen Kemnaker Soal Sasaran Penerimanya

Pemerintah menyebut, Bantuan Langsung Tunia (BLT) tersebut menyusul dampak perpanjangan PPKM Darurat, yang belakangan istilahnya berubah PPKM Level 4.

Adapun kriteria kerja atau pekerja yang mendapat  BSU di antaranya adalah, warga negara Indonesia, pekerja/buruh penerima upah; dan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan. 

Calon penerima BLT harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, karena dipilih sebagai sumber data.

Mengingat, tambah Ida, saat ini data BPJS Ketenagakerjaan dinilai paling akurat dan lengkap.

"Sehingga akuntabel dan valid dipergunakan oleh pemerintah sebagai dasar pemberian bantuan subsidi secara cepat dan tepat sasaran," terang Ida melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/7/2021). 

Kriteria lainnya, calon penerima BSU berada di zona PPKM Level 4 yang telah ditentukan melalui keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Selanjutnya, calon penerima BLT tersebut adalah peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp3.500.000,-, sesuai upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan. 

"Dalam hal ini, pekerja harus bekerja di wilayah PPKM yang UMKnya diatas Rp 3,5 juta maka menggunakan UMK sebagai batasan kriteria upah," tambah Ida. 

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved