Breaking News:

Teka-teki Jagoan PDIP di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Megawati Berpeluang Pilih Ganjar daripada Puan

Kata pengamat, Megawati merupakan sosok yang ketika mengusung capres selalu mempunyai kalkulasi politik yang baik.

Editor: Hanang Yuwono
Kolase TribunKaltara.com / Kompas.com/Riska Farasonalia
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. 

TRIBUNSOLO.COM -- Pemilihan presiden masih dua tahun lagi, namun kini sudah mencuat nama-nama calon presiden yang berpotensi diusung partai politik.

Dari sekian nama calon presiden (capres) potensial, nama Ganjar Pranowo paling banyak dibicarakan.

Ganjar Pranowo potensial menjadi Capres 2024 didukung elektabilitas tinggi berdasarkan hasil survei.

Baca juga: Alasan Ganjar Pranowo Upacara Bersama Pasien Covid-19 : Berbagi Semangat Bersama Penyintas dan Nakes

Baca juga: Gibran Update Instagram Story, Rambutnya Putih Mirip Ganjar: Pilpres Masih Lama, Tak Ada Hubungannya

Sementara itu, sejumlah elemen masyarakat yang menamakan diri Sahabat Ganjar memberikan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI perjuangan pada pemilihan presiden 2024.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Puri Gedeh Semarang, Rabu (14/5/2020).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Puri Gedeh Semarang, Rabu (14/5/2020). (Pemprov Jateng via Kompas.com)

Dukungan itu dianggap akan menguatkan kans Ganjar untuk mendapatkan restu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan diajukan oleh PDI Perjuangan

Walaupun, keinginan pencalonan Ganjar tersebut masih belum mendapat lampu hijau dari sejumlah kader dan politikus PDI Perjuangan. Mereka diduga lebih mendukung Puan untuk maju sebagai calon presiden.

Penilaian Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago itu satu di antaranya didasari anggapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai seseorang yang realistis ketika menunjuk kader sebagai calon presiden. 

Apalagi, kata dia, elektabilitas Ganjar lebih tinggi daripada elektabilitas Puan Maharani, Ketua Bidang Politik dan Antara Lembaga DPP PDI Perjuangan yang juga putri Megawati.

"Tentu PDIP tidak mau bunuh diri," kata Pangi kepada Kompas TV, Selasa (24/8/2021). "Melihat racikan elektoral Ganjar yang masih teratas, saya yakin PDIP pada akhir bakal mengusungnya."  

Ia mengatakan, Megawati merupakan sosok yang ketika mengusung capres selalu mempunyai kalkulasi politik yang baik.

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved