Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Bosan Kuliah Online, Mahasiswa Wonogiri Tak Malu Jadi Petani Porang, Bisa Raup Puluhan Juta Rupiah

Dia adalah Irfan Imaddudin Al Faruqi (21) mahasiswa di universitas di Solo yang tinggal di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono.

Penulis: Erlangga Bima Sakti | Editor: Asep Abdullah Rowi
TribunSolo.com/Erlangga Bima
Sosok Irfan Imaddudin Al Faruqi (21) mahasiswa di universitas di Solo yang jadi petani porang di tengah waktunya di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jumat (3/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Kebosanan yang disalurkan menjadi hal bermanfaat dan membawa keberuntungan ternyata benar adanya.

Berawal dari kebosanan karena banyaknya waktu luang akibat dampak pembelajaran jarak jauh atau kuliah online, membuat mahasiswa di Kabupaten Wonogiri ini punya kreasi.

Dia adalah Irfan Imaddudin Al Faruqi (21) mahasiswa di universitas di Solo yang tinggal di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono.

Kondisi itu dialami Irfan sejak satu tahun lalu, karena banyaknya waktu luang yang ia miliki, Irfan memutuskan untuk mengisinya dengan menjadi petani.

ILUSTRASI : Kebun porang yang menjadi primadona bagi petani di Dusun Ngelundo, Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Selasa (11/5/2021).
ILUSTRASI : Kebun porang yang menjadi primadona bagi petani di Dusun Ngelundo, Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Selasa (11/5/2021). (TribunSolo.com/Muhammad Irfan Al Amin)

"Sempat bosan kalau kuliah online kan gini-gini aja, saya memutuskan untuk berkebun sekalian bantu bapak, ternyata asyik juga," jelasnya kepada TribunSolo.com, Jumat (3/9/2021).

Tanaman yang ia pilih untuk budidaya tak main-main, yakni porang.

Saat ini porang memang sedang naik daun dan menjadi primadona di mana-mana.

Saat ada waktu luang, ia belajar cara budidaya porang ke petani yang sudah sukses di wilayahnya.

"Pilih porang karena prospeknya bagus, sebelumnya bapak juga sudah pernah menanam, tapi lama tidak diurus, baru tahun kemarin mulai dilanjutkan lagi," imbuhnya.

Baca juga: Cara Budidaya Porang yang Kini Jadi Komoditas Unggulan, Ternyata Punya Segudang Manfaat

Baca juga: Cara Menanam Porang dari Bibit Awal hingga Panen, Kini Primadona karena Bisa Raup Untung Melimpah

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved