Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 di Indonesia Turun saat Negara Lain Alami Gelombang Ketiga, Satgas: Harus Waspada

Wiku membandingkan Indonesia dengan Malaysia, Amerika Serikat dan Jepang yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 berbarengan pada Januari 2021.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
TribunSolo.com/Agil
Kepala Desa Krajan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Sarjono yang ikut mengangkat peti jenazah warga yang meninggal karena Covid-19. 

TRIBUNSOLO.COM - Kasus Covid-19 di Indonesia baru-baru ini tengah mengalami penurunan.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual.

Baca juga: Sukoharjo Jadi Sorotan Terkait Angka Kematian Covid-19, Luhut: Jangan Sampai Kasus Covid-19 Meledak

Namun Wiku tetap mewaspadai kondisi ini, pasalnya kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan saat negara-negara lain sedang menghadapi gelombang ketiga Covid-19.

Wiku membandingkan Indonesia dengan Malaysia, Amerika Serikat dan Jepang yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 berbarengan pada Januari 2021.

Namun, berbeda saat negara lain menghadapi lonjakan kasus kedua pada April 2021.

"Dan ketika Indonesia mengalami puncak kasus kedua di Juli lalu, justru negara-negara lainnya dan dunia tidak mengalami kenaikan, pada September ini kasus di RI terus melandai, sedangkan kasus dunia mengalami third wave atau puncak ketiga," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Tetap waspada

Wiku mengatakan, perkembangan tersebut patut diapresiasi sebagai bukti ketahanan Indonesia dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

"Saya berterimakasih kepada seluruh masyarakat, nakes yang tidak kenal lelah menangani pasien, dan kerjasama yang baik antara seluruh kepala daerah di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan, kunci mempertahankan penurunan kasus adalah menjaga protokol kesehatan seiring dengan aktivitas sosial dan ekonomi, meningkatkan cakupan vaksinasi dan pemeriksaan (testing), serta pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment).

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved