Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Reaksi PDIP saat Gibran Pilih Puji Anies Ketimbang Jokowi, Singgung Sikap 'Njawani' Wali Kota Solo

Gibran memuji Anies Baswedan yang dinilai berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.  Ini tangapan PDI Perjuangan.

Editor: Hanang Yuwono
BPMI Setpres
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. 

TRIBUNSOLO.COM -- Pujian yang dilemparkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming kepada Gubernur DKI Jakarta membuat PDI Perjuangan buka suara.

Sebelumnya, Gibran memuji Anies Baswedan yang dinilai berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. 

Hal itu pun menuai sorotan Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah.

Baca juga: Saat Gibran Puji Anies Baswedan : Beliau Kepala Daerah Sukses di Jakarta, Jadi Contoh Negara Lain

Baca juga: Gibran Persilahkan 10 Mahasiswa yang Bentangkan Poster saat Kunjungan Jokowi Temui Dirinya

Namun kata Ahmad, keberhasilan Anies dalam menangani wabah virus corona di Ibu Kota tak terlepas dari peran serta Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, menurutnya sikap Gibran yang lebih memuji Anies ketimbang membanggakan Jokowi itu patut ditiru. 

"Dalam filosofi kepemimpinan jawa, akan dianggap wagu atau kurang etis kalau kita memuji-muji diri sendiri atau keluarga kita sendiri, sehingga pujian sukses penanganan Covid-19 itu diarahkan kepada Gubernur DKI," kata Ahmad seperti dikutip dari situs mpr.go.id, Kamis (16/9/2021). 

Ia mengatakan, Gibran lebih memilih kinerja dari ayahnya itu lebih baik dinilai langsung oleh rakyat Indonesia. 

"Tapi Gibran menyerahkan penilaian keberhasilan sukses Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi global Covid 19 tersebut kepada rakyat," ujarnya. 

Meski begitu, dengan adanya pujian Gibran secara tersirat Anies diharapkan bisa bersikap adil dan jujur untuk mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid 19 di Tanah Air, termasuk di Jakarta. 

"Sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara kita," katanya. 

Wakil Ketua MPR itu menyebut, sukses pembangunan nasional memang harus ada gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah.

Sehingga, program kerja dari pusat dan daerah bisa berjalan sesuai dengan cita-cita untuk memajukan Indonesia.  

"Saya juga tidak melihat pujian Gibran kepada Anies karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta tahun 2024 yang akan datang karena baik Gibran maupun PDIP sendiri sebagai partai tempat Gibran bernanung masih fokus untuk membantu Presiden Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi global Covid 19," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul: Gibran Pilih Puji Anies Ketimbang Jokowi, PDIP: Tak Etis Banggakan Ayah Sendiri

Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved