Breaking News:

Viral

Mengapa Kental Manis Tidak Dianjurkan Dikonsumsi sebagai Hidangan Tunggal? Ini Penjelasan Pakar Gizi

Beberapa waktu lalu sempat viral terkait susu kental manis sebagai hidangan tunggal.

int
Susu kental manis (SKM) 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa waktu lalu sempat viral terkait susu kental manis sebagai hidangan tunggal.

Pasalnya hingga saat ini jenis minuman ini masih banyak dikonsumsi di masyarakat.

Baca juga: Viral Gadis Ini Akhirnya Bertemu Mantan ART Setelah 14 Tahun Hilang Kontak, Banjir Air Mata

Ada pihak yang memandang konsumsi susu kental manis tidak diperlukan karena dianggap hanya mengandung banyak gula dan minim nutrisi lainnya.

Di sisi lain, ada pihak yang menilai konsumsi susu kental manis tak masalah asal hanya dijadikan sebagai topping makanan atau jangan diseduh.

Dilansir dari Kompas.com, Pakar gizi sekaligus Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia (PKGK UI), Ahmad Syafiq, berpendapat produk susu kental manis sebenarnya sah-sah saja dikonsumsi masyarakat asal dilakukan secara proporsional.

Menurut dia, konsumsi susu kental manis dengan cara diseduh atau dicampur dengan air putih hangat maupun dingin juga tak menjadi soal asal jangan sampai berlebihan.

“Hati-hati juga dengan istilah ‘tidak boleh diseduh’. Apakah kalau diseduh susu kental manis berubah jadi berbahaya? Kan tidak, ya,” jelas Syafiq saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Jika dilihat dari segi sejarah, setahu dia, susu kental manis dibuat dalam bentuk kental agar bisa disimpan dalam waktu lama atau jangka panjang.

Gula di susu kental manis itu berfungsi sebagai pengawet yang akan menjaga kualitas isi produk.

Karena susu kental manis sudah dijual dan dibawa keliling dunia sejak 100 tahun yang lalu di mana saat itu memang belum ada teknologi yang lebih canggih.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved