Breaking News:

Viral

Viral Motor Terbakar di Rasuna Said, Ini Dugaan Penyebabnya Menurut Teknisi Bengkel

Insiden motor terbakar memang bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara mesti selalu waspada untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan.

Editor: Hanang Yuwono
instagram.com/jktinfo
Motor terbakar di Rasuna Said 

TRIBUNSOLO.COM - Viral di media sosial video sepeda motor terbakar di depan Plaza Festival, Rasuna Said pada Jumat (29/10/2021) pagi.

Video itu viral bermula dari unggahanakun Jakarta Info.

Tampak dalam video, petugas yang berusaha memadamkan kobaran yang menyelimuti motor menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Hingga video selesai, tidak dijelaskan apakah api berhasil dipadamkan atau tidak.

Baca juga: Gegara Satu Layangan, Listrik Satu Desa di Boyolali Padam : Yang Nekat, Layang-layang akan Dibakar

Baca juga: Sempat Terjadi Kebakaran, Aktivitas Pedagang di Pasar Giribelah Wonogiri Tidak Terganggu

Insiden motor terbakar memang bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara mesti selalu waspada untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sepeda motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber.

Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena di situ akan selalu diperiksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel businya,” kata dia, dikutip dari Kompas.com dalam artikel Motor Terbakar di Rasuna Said, Kenali Penyababnya. 

(*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved