Kepedulian Pembaca Kompas Terhadap Kampung Literasi Susuk Melalui Donasi Buku #AkuBaca 

Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyalurkan donasi buku #AkuBaca dari pembaca Kompas kepada Kampung Literasi Susuk pada Senin, 15 November 2021.

Istimewa
Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyalurkan donasi buku #AkuBaca dari pembaca Kompas kepada Kampung Literasi Susuk pada Senin, 15 November 2021. 

TRIBUNSOLO.COM - Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyalurkan donasi buku #AkuBaca dari pembaca Kompas kepada Kampung Literasi Susuk pada Senin, 15 November 2021.

Jenis buku yang didonasikan adalah buku cerita bergambar, buku cerita pendek, novel, buku aktivitas anak, buku pertanian, peternakan, dan perkebunan, ensiklopedia, serta Al-Quran. 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi DKK dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mangunrejo, Desa Susuk, Jawa Tengah sebagai bagian dari pelaksanaan program Kampung Literasi 2021.

Baca juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Bantuan ke Masyarakat Karanganyar Terdampak Pandemi

Baca juga: Kumpulan Kutipan Kata Bijak Inspiratif dari Jakob Oetama, Tokoh Pendiri Kompas Gramedia

Program tersebut merupakan wujud komitmen Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk menjadikan taman bacaan lebih menyenangkan dan semakin diminati oleh masyarakat melalui enam komponen literasi dasar, yakni literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya dan kewarganegaran, juga literasi finansial.

Penyerahan donasi secara simbolis oleh GM Corporate Communication Kompas Gramedia Saiful Bahri kepada Kampung Literasi Susuk berlokasi di Aula TBM Mangunrejo.

Saiful Bahri berharap buku yang diberikan bisa memberikan manfaat untuk TBM Mangunrejo. 

“Semoga paket buku dari DKK ini lewat #Akubaca yang merupakan gerakan literasi nusantara KG bisa sedikit membantu koleksi buku-buku untuk TBM Mangunrejo, Desa Susuk, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jateng,” kata dia. 

“Desa Susuk yang kaya akan potensi sumber daya manusia dan budaya semoga akan bisa berkembang lebih baik lagi ke depannya karena ada Kampung Literasi ini, dan juga ditunjang dengan bacaan-bacaan literasi buku yang bermutu agar anak-anak dan remaja di desa tersebut bisa memanfaatkan sarana ini,” lanjutnya.

Donasi buku ini menambah koleksi bacaan pada tiga pojok baca desa yang dikelola oleh TBM Mangunrejo. Adanya program Kampung Literasi Susuk menjadi ruang kesempatan bagi TBM Mangunrejo untuk meningkatkan wawasan pendidikan masyarakat melalui gerakan literasi baca tulis.

Perwakilan TBM Mangunrejo mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas.

"Sebuah kesempatan sehingga kita mendapatkan donasi yang dapat kami gunakan untuk mendorong tiga pojok baca di desa kami semakin bertambah koleksi. Semoga donasi yang kami terima dapat mendorong tumbuh kembang literasi di desa kami,” papar dia. 

Gerakan literasi #AkuBaca sendiri merupakan program yang diselenggarakan oleh DKK untuk mendorong minat baca dan tumbuh kembang budaya masyarakat. Kiranya donasi ini dapat membantu Kampung Literasi Susuk guna membentuk masyarakat yang mandiri melalui pengembangan pendidikan dan keterampilan. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung:

Anung Wendyartaka 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved