Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

Jembatan Nambangan Selogiri Wonogiri Diberi Penerangan, Dishub: Harus Tetap Waspada

Lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sekitar Jembatan Nambangan Selogiri telah rampung dipasang.

Istimewa/Dishub Wonogiri
Proses pemasangan LPJU di Jembatan Nambangan di Perbatasan Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Nguter. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sekitar Jembatan Nambangan Selogiri telah rampung dipasang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, mengatakan total ada tiga titik lampu yang dipasang di sekitar jembatan yang berada di perbatasan Kecamatan Selogiri dan Kecamatan Nguter tersebut.

"Ada tiga titik, tapi pada tahap pertama di hari Rabu (17/11/2021) lalu dipasang dua titik dulu, sebab kita harus rekayasa karena satu LPJU akan dipasang di tengah jembatan," kata dia, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Talut Jembatan Penghubung Desa Pandeyan & Kismoyoso Boyolali Ambrol, Warga Terpaksa Memutar Jalan

Baca juga: Sudah 20 Jam Lebih, Korban Tertimbun Longsor di Jembatan Temu Ireng Karanganyar Belum Ditemukan

Waluyo menjelaskan, pemasangan satu LPJU yang berada di badan jembatan baru dipasang per hari ini Senin (22/11/2021).

Meskipun dipasang di tengah jembatan, dia memastikan tidak merubah atau merusak struktur jembatan yang baru saja kelar digarap itu.

Pasalnya, pemasangan satu tiang LPJU diletakkan di penyangga (pondasi) jembatan sehingga dipastikan tetap kuat dan tidak merusak struktur jembatan.

"Itu dipaskan di penyangga jembatan, jadi pemasangannya kita klem sehingga dipastikan aman dan tidak merusak struktur jembatan, caranya seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Talut Barat Jembatan Temu Ireng Karanganyar Roboh, Satu Pekerja Asal Melikan Tewas Tertimpa

Dia pun juga memastikan, seluruh LPJU yang dipasang di Jembatan Nambangan itu sudah bisa difungsikan penuh mulai malam ini.

Dengan berfungsi LPJU tersebut, kata dia, akan sangat membantu pengguna jalan yang melintasi jembatan di jalur alternatif Selogiri-Nguter itu saat malam hari.

"Kemarin sudah disimulasikan, sudah cukup terang dan sangat membantu. Pengendara yang melintas akan merasa aman dan nyaman," kata Waluyo.

Kendati demikian, Waluyo berharap kepada masyarakat yang melintas untuk selalu hati-hati. Walaupun sudah terang, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi sekitar dan rambu-rambu yang dipasang.

Baca juga: Hujan Deras, Dua Jembatan di Jalan Alternatif Penghubung Eromoko-Giriwoyo Sempat Tergenang Banjir

Disisi lain, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dishub Sukoharjo terkait pemasangan LPJU dan rambu-rambu lalu lintas lain yang berada di sisi Kecamatan Nguter.

"Karena letaknya di perbatasan ya, kemarin kita sudah koordinasi dan alhamdulillah sudah dipasangi satu. Tapi kita koordinasikan untuk ada penambah lampu dan rambu-rambu lain," jelasnya.

"Ending-nya tujuan kami jembatan tersebut termanfaatkan dengan baik, nyaman dan aman untuk para penggunanya," imbuh dia. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved