Breaking News:

Berita Karanganyar Terbaru

Usulan Buruh Karanganyar Soal UMK Naik Rp 300 Ribu Mentok, Berharap pada Gubernur Ganjar

Pembahasan tentang besaran upah minimum Kabupaten (UMK) Karanganyar tahun 2022 tak memuaskan salah satu pihak.

TribunSolo.com/Aji Bramastra
Ilustrasi. UMK Klaten 2022 hanya naik Rp 4.100, berdasarkan hasil rapat Dewan Pengupahan Kabupaten Klaten. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Pembahasan tentang besaran upah minimum Kabupaten (UMK) Karanganyar tahun 2022 tak memuaskan salah satu pihak.

Pasalnya pihak buruh di Karanganyar tidak sepakat apabila penghitungan besaran UMK yang diajukan menggunakan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Ketua Forum Komunikasi Serikat Buruh Karanganyar, Eko Supriyanto, menyebut kebutuhan buruh di masa pandemi Covid-19 naik, oleh sebab itu pihaknya menuntut ada kenaikan UMK dengan besaran sekitar Rp 300 ribu.

Baca juga: Buruh Karanganyar Tuntut Kenaikan UMK 2022 Naik Rp 300 Ribu:  Beli Masker dan Biaya Sekolah Daring

Baca juga: Bocoran UMK Sukoharjo Tahun 2022, Diperkirakan Hanya Naik Rp 11 Ribu

Selain itu, menurutnya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, maka buruh harus diberikan upah lebih sehingga dapat membelanjakan uangnya di pasar dan akan menggerakkan ekonomi.

"Kita sudah menyampaikan gagasan konsep upah di era pandemi ini ke pihak-pihak terkait. Akan tetapi gagasan tersebut tidak direspon di tingkat Kabupaten," kata dia, Selasa (23/11/2021).

Dia menjelaskan, alasan tidak diresponnya gagasan itu yakni karena adanya surat edaran menteri, sehingga pihaknya kecewa atas keputusan itu.

Baca juga: Hitung-hitungan UMK Sragen 2022, Buruh Sudah Lesu : Tak akan Bisa Tembus Angka Rp 2 Juta Per Bulan

Sehingga dapat dipastikan penghitungan kenaikan UMK di Karanganyar menggunakan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Meskipun demikian, Eko tetap berharap tuntutan para buruh tersebut dapat direspon oleh Dewan Pengupahan tingkat Provinsi.

"Harapan kami nanti, Gubernur Ganjar akan merespon usulan kawan-kawan dari masing-masing daerah, harapannya masih seperti itu," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved