Kapan Pertalite Dihapus dan Digantikan Pertamax? Pertamina Beri Jawaban: Ada Masa Transisi

Setidaknya terdapat tiga tahapan yang akan dilakukan Pertamina untuk menghapus secara perlahan penggunaan bensin Premium dan Pertalite.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
ILUSTRASI - Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis Pertalite di SPBU jalan Ahmad Yani, Kota Semarang, Jateng. 

TRIBUNSOLO.COM -- Pertamina nantinya tak hanya menghapus RON 88 atau Premium, melainkan juga berencana mengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) Research Octane Number (RON) 90 alias Pertalite.

Pemerintah bakal mengganti Pertalite dengan BBM beroktan lebih tinggi, yakni Pertamax.

Lantas kapan realisasi pergantian Pertalite ke Pertamax ini?

Ternyata semua itu nanti butuh tahapan.

Yakni diawali dengan Pertalite mengganti Premium selama masa transisi, baru selanjutnya menyisihkan Pertamax.

Baca juga: Cara Baru Dapat Diskon 30 Persen Pertamax : Berlaku Sampai 31 Mei, Kini Tak Ada Kuota Pembeli

Baca juga: Siap-siap Pemerintah Berencana Hapus BBM Jenis Pertalite dan Premium, Berikut Bocoran Tahapannya

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, dengan dihapuskannya BBM Pertalite dan Premium, hanya akan ada bensin dengan kadar oktan RON yang dinilai lebih ramah lingkungan seperti Pertamax.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus kering, harus beralih dari Pertalite ke Pertamax,” ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (24/12/2021). 

Strategi penghapusan tersebut merupakan penyederhanaan varian produk dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHL) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017 yang mengatur soal buku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Dalam beleid tersebut, pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021.

Setidaknya terdapat tiga tahapan yang akan dilakukan Pertamina untuk menghapus secara perlahan penggunaan bensin Premium dan Pertalite.

Pada tahapan pertama, pengurangan bensin Premium disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong konsumen menggunakan BBM RON 90 ke atas.

Selanjutnya, pengurangan bensin Premium dan Pertalite di SPBU disertai dengan edukasi dan campain untuk mendorong menggunakan BBM di atas RON 90 ke atas.

Kemudian di tahap terakhir, simplifikasi produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Pertamax Turbo). (Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved