Breaking News:

Berita Solo Terbaru

PLN UP3 Solo Resmikan SPKLU, Wali Kota Gibran Sempat Penasaran dan Coba Langsung Mobil Listriknya

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN UP3 Solo diresmikan, Selasa (28/12/2021).

TribunSolo.com/Agil Trisetiawan
Gibran mencoba mobil listrik usai meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN UP3 Solo diresmikan, Selasa (28/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN UP3 Solo diresmikan, Selasa (28/12/2021).

Dalam peresmian itu, didatangi General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & Yogyakarta, M. Irwansyah Putra, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & Yogyakarta, M. Irwansyah Putra mengatakan, SPKLU yang diresmikan ini pertama di Solo diharapkan dapat membuat ekosistem mobil listrik di Solo Raya.

Namun bukan satu-satunya di Solo Raya, karena sebelumnya PLN sudah memasang SPKLU di rest area 519 A, rest area 519 B Sragen.

"Dengan SPKLU ini, kami sudah bisa mengakomodasi wisatawan yang datang ke Solo dengan kendaraan listrik," katanya kepada TribunSolo.com.

Di Kota Solo sendiri, sudah ada 15 unit mobil listrik. Tercatat ada 20 transaksi di SPKLU PLN UP3 Solo sejak berdiri 1 November lalu, dengan arifnya, Rp 1.600 per kWh.

"Jadi kalau isi full bisa 400 kilometer (km) dengan 40 kW, karena 1 kWh bisa menempuh 10 km. Totalnya sekitar Rp 64 ribu. Kalau dibandingkan dengan BBM jauh lebih hemat menggunakan kendaraan listrik," ujarnya.

SPKLU ini masuk kategori fast charging tipe 25 kW dengan waktu pengisian hanya dua jam dari nol ke penuh.

Baca juga: Jokowi Naik Helikopter Super Puma, Resmikan Proyek Bendungan Pidekso Wonogiri Senilai Rp 700 Miliar

Baca juga: Gibran Bocorkan Rapat soal Mobil Dinas dengan Gubernur Jateng Ganjar, Bakal Diganti Mobil Listrik?

Sementara SPKLU di rest area Tol Trans Jawa 519A dan 519B di Masaran, Sragen yang sudah berdiri sebelumnya, tipe 50 kW dengan waktu pengisian lebih cepat, cukup satu jam.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved