Berita Wonogiri Terbaru

Kado Akhir Tahun, Wonogiri Raih Penghargaan Kabupaten Paling Inovatif dalam IGA 2021 Dari Kemendagri

Pemerintah Kabupaten Wonogiri kembali meraih penghargaan di penghujung tahun 2021 ini.

TribunSolo.com / Erlangga Bima
Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, bersama sejumlah pejabat saat mengikuti acara penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2021 di ruang Plintheng Semar Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri, Rabu (29/12/2021).  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Pemerintah Kabupaten Wonogiri kembali meraih penghargaan di penghujung tahun 2021 ini.

Kali ini, Pemkab Wonogiri sukses mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten paling inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2021 oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (29/12/2021).

Kategori terinovatif adalah predikat tertinggi, terhitung sudah dua kali Wonogiri mendapatkan penghargaan serupa, yakni tahun 2020 lalu dan tahun 2021 ini.

IGA 2021 diselenggarakan dalam empat tahap. Tahap I yakni penjaringan, seperti sosialisasi dan pengumpulan data inovasi daerah yang dilaporkan secara elektronik.

Tahap II yakni pengukuran, menganalisis variabel, indikator, dan eviden input indeks inovasi daerah. Tahap III penilaian, kepala daerah mempresentasikan inovasi daerah untuk dinilai tim penilai.

Saat itu Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mempresentasikan inovasi daerah secara virtual. Dan yang terakhir, tahap IV adalah validasi lapangan, tinjauan lapangan untuk memvalidasi data dukung berdasar hasil presentasi.

Baca juga: Pindang Kambing Nyamleng Mbok Sinem Wonogiri : Jualan di Dapur Sejak 1988, Selalu Diserbu Pelanggan

Baca juga: Jokowi Naik Helikopter Super Puma, Resmikan Proyek Bendungan Pidekso Wonogiri Senilai Rp 700 Miliar

Sementara itu, penganugerahan IGA 2021 digelar secara tatap muka dan virtual. Acara tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno secara virtual di Ruang Plintheng Semar Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

Wakil Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Haryono, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Heru Utomo, dan sejumlah pejabat lain.

Saat ditemui, Setyo Sukarno mengatakan penghargaan tersebut merupakan capaian bersama. Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih untuk seluruh pihak yang berkontribusi.

“Inovasi diciptakan tidak semata mengejar penghargaan, tetapi utamanya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Inovasi membuat layanan masyarakat lebih cepat, lebih mudah, dan lebih akurat," terang dia.

"Penghargaan ini tentu memotivasi kami untuk terus berinovasi agar pelayanan masyarkat semakin baik lagi,” imbuh Setyo.

Sebagai informasi, inovasi yang diikutkan dalam IGA bukan hanya hasil inovasi yang diciptakan Pemerintah Kabupaten.

Inovasi yang didaftarkan mencapai lebih dari 300 inovasi yang diciptakan organisasi perangkat daerah (OPD), satuan pendidikan, dan pemerintah desa/kelurahan. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved