Breaking News:

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Pemilik Lokananta Solo, Studio Musik Tertua di Indonesia

Lokananta sudah menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi berbagai rekaman sejak republik ini berdiri, termasuk suara asli Proklamasi.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNSOLO.COM/BAYU ARDI ISNANTO
Gedung Lokananta 

TRIBUNSOLO.COM -- Lokananta Solo atau Lokananta Studio mungkin tak asing bagi para pendengar musik lawas.

Lokananta merupakan bangunan bersejarah di Kota Solo.

Sebab, tempat ini diklaim sebagai studio musik tertua di Indonesia.

Wajah Lokananta Solo pun kini berubah.

Lokananta sudah menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi berbagai rekaman sejak republik ini berdiri, termasuk suara asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Ini Tujuh Rute Mobil Listrik Wisata Solo, Ada Lokananta - Kebun Binatang Jurug

Baca juga: Jejak Harmoko di Solo, Sempat 3 Kali Temani Paguyuban Seni Rekaman di Lokananta : Sosok yang Ramah

Awalnya, Lokananta yang dibangun pada 1956 atas usul Kepala Jawatan Radio Republik Indonesia (RRI), R. Maladi ini bertujuan untuk merekam materi siaran untuk disiarkan di RRI dalam bentuk piringan hitam.

Wishnutama dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau Studio Rekaman Lokananta, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Laweyan, Kamis (4/3/2021).
Wishnutama dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau Studio Rekaman Lokananta, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Laweyan, Kamis (4/3/2021). (TribunSolo.com/Adi Surya Samodra)

Nama Lokananta sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yang digagas oleh Raden Maladi, yang berarti gamelan dari khayangan bersuara merdu.

Tokoh lain dalam pendirian Lokananta Solo adalah Oetojo Soemowidjojo dan Raden Ngabehi Soegoto Soerjodipoero, dikutip dari Kompas.com.

Namun sekitar tahun 1960-an, Lokananta mulai merekam musik untuk para musisi, tepatnya setelah Asian Games keempat yang diadakan di Indonesia.

Meski sudah tidak lagi memproduksi musik dalam bentuk piringan hitam, saat ini Lokananta tetap berfungsi sebagai studio rekaman. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved