5 Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima : Jangan Lupa Periksa CVT & Rem Secara Berkala

Sepeda motor matic dianggap simple namun nyaman untuk dikendarai terutama dijalanan yang padat kendaraan

Penulis: Tribun Network | Editor: Adi Surya Samodra
TribunSolo.com / Astra Motor
Petugas Astra Motor melakukan pengecekan terhadap sepeda motor matic pelanggan. 

TRIBUNSOLO.COM - Telah menjadi salah satu pilihan transportasi yang menunjang aktivitas berkendara sehari – hari, sepeda motor matic dianggap simple namun nyaman untuk dikendarai terutama dijalanan yang padat kendaraan, sehingga pengecekan motor untuk memastikan kendaraan kita prima dan aman sangat penting untuk dilakukan secara berkala.

Technical Service Manager Astra Motor Jateng, Hery Suryo Indratno mengingatkan bahwa seringkali pengendara motor tidak melakukan pengecekan rutin dan service berkala sehingga memungkinkan aktivitas berkendara menggunakan motor matic menjadi terganggu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar motor tetap prima saat dikendarai, diantaranya:

1. Ganti Oli Mesin dan Oli Transmisi Secara berkala

Karena pada sepeda motor banyak komponen - komponen yang saling bergesekan, terutama pada bagian mesin, sehingga jika gesekan tersebut tidak ada pelumasan, maka komponen tersebut akan cepat aus dan cepat rusak.

Perlu di ingat untuk motor matic ada 2 jenis oli yang perlu dilakukan pergantian secara berkala yaitu Oli Mesin untuk pelumasan komponen mesin dan yang kedua Oli Transmisi, untuk pelumasan bagian final drive.

2. Lakukan pemeriksaan CVT secara berkala

Motor cub dan motor sport menggunakan rantai yang bilamana rantai tersebut kendor atau rusak pengendara bisa langsung mengeceknya, sedangkan motor matic menggunakan V-Belt (semacam karet penggerak) yang tertutup sehingga jika kotor atau rusak pengendara tidak bisa langsung mengecek.

Sangat penting bagi pengendara untuk melakukan pemeriksaan CVT secara berkala supaya kita bisa tau kondisinya masih bagus atau tidak.

3. Pemeriksaan Rem secara berkala

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved