Pilpres 2024

Selain Ganjar Pranowo, Pengamat Sebut 1 Sosok yang Berpotensi Didukung Jokowi : 'Cetho Welo-Welo'

Banyak orang lupa atau belum mengerti bahwa ternyata di ruangan tempat Rakernas itu ada juga seorang tokoh nasional yang juga dekat Presiden Jokowi.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
TribunSolo.com/Tara Wahyu
Presiden Joko Widodo mencopot maskernya saat kunjungan kerja (Kunker) di Pasar Gede Solo, Kamis (26/5/2022). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Politik Indonesia Maju (LKPIM), Saiful Huda Ems, menebak-nebak arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024.

Ia mencermati isi hati dan gestur Jokowi saat di hadapan ribuan hadirin acara Rakernas Projo.

Dalam acara itu, kata Saiful Huda, Jokowi jelas mengatakan bahwa mungkin yang akan diusung jadi Presiden orangnya ada di acara tersebut.

Semua hadirin mengatakan Ganjar Pranowo.

Tetapi banyak orang lupa atau belum mengerti bahwa ternyata di ruangan tempat Rakernas itu ada juga seorang tokoh nasional yang juga dekat Presiden Jokowi.

Baca juga: Kagetnya Ganjar Tahu Ada Bakul Pecel Naik Haji, Sehari Nabung Rp 10 Ribu

Baca juga: Ini Pesan Ganjar Pranowo ke Jamaah Calon Haji : Kalau Kecapekan Ibadah Jangan Dipaksakan, Istirahat

"Beliau merupakan tokoh politik nasional yang dalam lembaga survei nasional, telah menempatkannya sebagai tokoh yang masuk dalam 10 besar Capres RI 2024. Orang itu adalah Moeldoko," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/6/2022).

Lawyer dan Pengamat Politik ini menyebut Moeldoko yang menjabat sebagai Kepala Staf Presiden RI juga merupakan seorang Dewan Pembina Projo.

Dirina mengatakan, Moeldoko jugalah yang naik ke panggung saat Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo tersebut.

Saiful juga mengingatkan, selain itu, pada sebuah acara panen dan tanam sorgum beberapa hari lalu di Nusa Tenggara Timur, Moeldoko juga yang berinisiatif mengundang Presiden Jokowi dan langsung disetujui untuk hadir serta bersedia memberikan sambutan yang menggugah hati para petani sorgum.

"Dari foto-foto Presiden Jokowi dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, terlihat betapa akrab dan mesranya kedua tokoh nasional ini selama di sana, dan di manapun beliau berdua berjumpa," imbuh Saiful.

Ia mengatakan, Ganjar memang telah mencapai angka tertinggi dalam beberapa lembaga survei nasional, hingga nyaris menembus angka 30 persen dari sisi elektabilitasnya.

Dari survei Charta Politika misalnya, elektabilitas Ganjar di angka 29,2 persen, lalu Indikator Politik 26,7 persen, serta Populis 24 persen.

Tetapi, Moeldoko dari yang awalnya tidak terlalu diperhitungkan, tiba-tiba melesat masuk 10 besar Capres.

"Sinyal pernyataan dukungan Presiden Jokowi untuk kedua tokoh hebat ini (Moeldoko dan Ganjar) sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024 sangatlah jelas, cetho welo-welo, yang menampakkan perpaduan Militer-Sipil atau Sipil-Militer," tegasnya. (*)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved