Berita Karanganyar Terbaru

Tokoh-tokoh Indonesia Pernah Kunjungi Petilasan Pertapaan Pringgodani: Ada Gus Dur & Presiden Jokowi

Sejumlah tokoh pernah datang ke Tempat Petilasan Pertapaan Pringgodani, di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Penulis: Mardon Widiyanto | Editor: Adi Surya Samodra
TribunSolo.com / Mardon Widiyanto
Petilasan Pertapaan Pringgodani yang berada di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (9/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Sejumlah tokoh pernah datang ke Tempat Petilasan Pertapaan Pringgodani, di Kelurahan Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Baik tokoh daerah hingga tokoh nasional pernah datang ke lokasi tersebut untuk melakukan prihatin dan menenangkan diri dari hiruk pikuk dunia.

Harno (60) yang merupakan salah satu warga sepuh yang telah tinggal selama puluhan tahun mengatakan tempat Petilasan Pertapaan Pringgodani Tawangmangu ini tak hanya dikunjungi orang dari Soloraya, bahkan ada warga dari luar jawa juga datang ke sini.

"Banyak yang datang di sini untuk melakukan bertapa atau intropeksi diri, mulai dari Soloraya, hingga luar pulau Jawa ada yang datang ke sini," kata Harno, kepada TribunSolo.com, Kamis (9/6/2022).

Harno mengatakan selain pengunjung biasa, lokasi tersebut juga pernah didatangi oleh tokoh-tokoh baik di lingkungan daerah hingga tokoh nasional.

Dia menyebut sejumlah tokoh seperti Wiranto, Gus Dur (Abdurahman Wahid), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Hatta Rajasa, Aulia Pohan, serta Antasari Ashar.

"Saat masih mejabat Walikota Solo, Presiden Joko Widodo juga pernah datang ke sini, " ujar Harno.

Baca juga: Petilasan Pertapaan Pringgodani Tawangmangu : Setiap Selasa Kliwon Ada Pagelaran Wayang Kulit

Baca juga: Pria Asal Tasikmadu Meninggal di Pertapaan Pringgodani Tawangmangu, Niatnya Hendak Pimpin Ritual

Lanjut, kata dia saat jelang pemilihan umum, para Caleg hingga Cakada/Cawakada mulai berdatangan ke lokasi tersebut.

Ia menjelaskan para calon tersebut berbondong-bondong untuk memperkuat ilmu batin di sana

"Saat jelang pemilihan umum, tempat ini biasanya langsung ramai dikunjungi Caleg maupun calon kepala daerah maupun calon wakilnya," ucap  Harno.

Dia menjelaskan tempat tersebut bernama Pringgondani berasal dari kata "pring" (bambu), "nggon" (tempat), dan "dani" (memperbaiki). 

Pria yang disapai Mbah Harno mengatakan Pertapaan Pringgodani merupakan lokasi untuk melakukan prihatin dan menenangkan diri bagi kepercayaan kejawen.

"Lokasi Pringgondani ini mempunyai arti yang digunakan untuk memperbaiki diri," ujar Harno.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved