Viral

Viral Kejanggalan Pesawat Jokowi Sempat Berputar 360 Derajat di Iran-Turki, Istana Ungkap Kronologi

Kabar terkait pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo sempat berputar 360 derajat viral menjadi perhatian masyarakat di Indonesia.

TribunSolo.com/Kris - Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo turun dari pesawat kepresidenan saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (8/10/2020). 

TRIBUNSOLO.COM - Kabar terkait pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo sempat berputar 360 derajat viral menjadi perhatian masyarakat di Indonesia.

Kabar ini mencuat usai pengamat penerbangan Gerry Soejatman sempat menuliskan di akun Twitternya @GerryS mengenai kejanggalan penerbangan pesawat rombongan presiden Jokowi saat berada di atas wilayah Turki.

Baca juga: Media Asing Soroti Rencana Jokowi Temui Putin dan Zelensky, Pengamat Sebut Hasilnya Bisa Ditebak

Kejanggalan tersebut dapat dilihat di situs flightradar24.

"Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden... hal seperti ini menimbulkan pertanyaan... kenapa berputar 360?” cuit Gerry.

Kejadian ini terpantau pada pukul 12.46 UTC atau 19.46 WIB.

Unggahan itu pun mendapatkan atensi warganet. Warganet ada yang menanggapi dengan pertanyaan serius maupun memberikan komentar bernada santai.

Penjelasan Istana

Untuk diketahui, Presiden dan rombongan terbatas di atas pesawat untuk lawatan ke Jerman, Ukraina,  Rusia dan Uni Emirates Arab.

Pesawat itu dikabarkan sempat memutar balik di atas wilayah Turki dan Iran.

Pesawat GIA-1 Boeing 777-3U3 (ER) tersebut berputar 360 derajat saat Pesawat akan ke Jerman.

Istana Kepresidenan RI melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan pesawat berputar untuk menyesuaikan waktu ketibaan di Munich Jerman.

“Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, dimana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan,” kata Bey kepada Tribunnews.com, Senin (27/6/2022).

Ia mengatakan pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan  dan kenyamanan penerbangan.

Sebelum berputar, Pilot sudah mengkomunikasikan dan mendapat persetujuan dari Sekretaris Militer Presiden.

“Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut,” katanya.

Baca juga: Saran Dino Patti Jalal untuk Jokowi yang Mau Temui Putin dan Zelensky, Sebut Bisa Jadi Terobosan RI

Tiba di Turki

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi telah tiba di Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 Waktu Setempat, Minggu, (26/6/2022).

Presiden beserta rombongan terbatas lalu menuju hotel tempat menginap sebelum menghadiri agenda KTT G7.

Saat menuju hotel, presiden disambut ratusan masyarakat Indonesia yang membentangkan bendera merah putih.

Mereka telah menanti kedatangan Presiden Jokowi.

“Tiba di Hotel Munich disambut dengan sebuket kembang dan kemeriahan masyarakat Indonesia di Jerman yang sudah berkumpul seraya membentangkan bendera merah putih. Terimakasih atas sambutan yang ramah dan menyenangkan ini,” tulis Jokowi dalam akun Twitternya @jokowi, Senin, (27/6/2022).

Presiden Jokowi diagendakan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 esok hari di Istana Elmau, Jerman.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi dalam kunjungan kali ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

(TribunNews)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved