Breaking News:

Siap-siap, Ini Sejumlah Mobil yang Berpotensi Tidak Bisa Beli Pertalite Lagi, Banyak di Pasaran

Mulai 1 Juli 2022 akan ada uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina.

TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Para pemudik melakukan pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jumat (7/6/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - Mulai 1 Juli 2022, Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), akan melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina.

Dilansir dari Kompas.com, terkait aturan ini pembatasan tersebut salah satunya dilakukan lewat pembelian via aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Tak Cuma Pembelian Pertalite yang Dibatasi, Pemerintah Buka Peluang Berlaku untuk BBM Jenis Lainnya

Namun belum ada kepastian jenis sepeda motor atau mobil apa saja yang dilarang untuk membelinya.

"Belum ya. Jadi kalau untuk mobil mewah yang dalam kajian itu 2.000 cc ke atas. Tetapi ini belum diputuskan ya," kata Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman kepada Kompas.com belum lama ini.

Apabila kajian dimasud disetujui, maka akan ada banyak pengguna mobil yang dilarang membeli Pertalite dari Toyota Fortuner 2.4, Toyota Innova 2.4, Mitsubishi Pajero Sport, Hyundai Palisade, sampai Honda CR-V dan berbagai merek BMW.

Padahal beberapa produk di antaranya, seperti Innova dan Fortuner, telah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 75 persen.

Pengklasifikasian mobil mewah di Indonesia memang cukup rancu dan tak ada aturan manapun yang secara jelas membaginya.

Ada yang menyebut bila mobil mewah adalah kendaraan roda empat yang harganya berada di atas Rp 250 juta.

Hal ini seiring dengan banyaknya penggunaan komponen lokal (semakin banyak, akan semakin murah).

 

 

Namun tidak sedikit juga yang beranggapan mobil mewah ialah kendaran dengan pengenaan tarif PPnBM tinggi (di atas 40 persen), yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019.

Sebab, pengenaan PPnBM 40-70 persen hanya berlaku untuk mobil yang berkapasitas mesin 3.000 cc sampai 4.000 cc, termasuk sport car dan supercar.

Beberapa produk yang masuk di segmen ini di antaranya, BMW Z4, BMW M2, Toyota GR Supra, hingga seluruh produk Lamborghini, Ferrari, serta McLaren.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved