Piala AFF U19

PSSI Berencana Lapor ke AFF, Curiga Ada Main Mata dalam Laga Thailand vs Vietnam

PSSI ingin memastikan, apakah laga Vietnam melawan Thailand di laga penutup grup A Piala AFF U-19 itu ada unsur main mata.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
tribunnews.com/genik
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat ditemui di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (30/12/2021). PSSI akan membahas laga Vietnam vs Thailand yang dutuding memainkan sepakbola gajah di laga penyisihan grup A Piala AFF U19, Minggu (10/7/2022). 

TRIBUNSOLO.COM --  Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berencana melayangkan protes ke Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) terkait duel Thailand vs Vietnam yang berakhir imbang 1-1 pada Minggu (10/7/2022).

PSSI ingin memastikan, apakah laga Vietnam melawan Thailand di laga penutup grup A Piala AFF U-19 itu ada unsur main mata.

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan," kata Iriawan via Antara.

"Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak, termasuk direktur teknik, sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes," ujarnya.

Baca juga: Jawaban Pelatih Thailand Dituding Mainkan Sepak Bola Gajah saat Lawan Vietnam : Kami Kelelahan

Apabila protes diajukan ke AFF, menurut Iriawan nantinya Komisi Disiplin AFF jadi pihak terakhir yang menentukan apakah terdapat "permainan" dalam laga itu.

"Yang jelas kami kecewa, Thailand dan Vietnam adalah negara besar, masa permainannya begitu-begitu saja," kata Iriawan.

Diberitaka sebelumnya, dalam laga penentuan lolos semifinal Piala AFF U19 dari Grup A pada Minggu (10/7) malam.

Indonesia unggul 5-1 atas Myanmar, sementara Thailand vs Vietnam berakhir 1-1. 

Baca juga: Ketum PSSI Khawatir Indonesia Tak Bisa Lagi Jadi Tuan Rumah, Imbas Suporter Timnas Nyalakan Flare

Hasil itu membuat Vietnam, Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A.

Hasil akhir Timnas U19 Indonesia vs Myanmar 5-1 di Piala AFF U19 2022 pada Minggu, (10/7/2022) malam WIB - Pesepak bola Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferarri (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Hasil akhir Timnas U19 Indonesia vs Myanmar 5-1 di Piala AFF U19 2022 pada Minggu, (10/7/2022) malam WIB - Pesepak bola Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferarri (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Namun ternyata ada aturan terbaru yang menyatakan jika terjadi poin yang sama, peringkat ditentukan lewat head to head.

Regulasi ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana peringkat ditentukan lewat selisih gol.

Hal itulah yang membuat Indonesia hanya finis di peringkat ketiga, meskipun menjadi tim paling produktif dengan total 17 gol dan kemasukan 2 gol saja.

Terlepas dari itu, sebelum pertandingan dimulai, sudah diketahui bahwa nasib Indonesia ditentukan oleh laga Thailand vs Vietnam.

Jika kedua negara itu bermain imbang selain 0-0, kedua kubu otomatis lolos ke semifinal Piala AFF U19, tak peduli hasil Indonesia vs Myanmar. (*)

Sumber: Kompas TV
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved