Berita Nasional

Jokowi Sentil Mendag Zulkifli Hasan yang Kampanyekan Anak saat Bagi Minyak Goreng : Saya Minta Fokus

Presiden Jokowi saat merespons pertanyaan tentang Mendag Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan anaknya saat kunjungan kerjanya ke pasar.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Warta Kota/henry lopulalan
ILUSTRASI : Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai pertemuan tertutup di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Jokowi turut menyoroti aksi Zulhas kampanyekan anak saat bagikan minyak goreng di Lampung. 

TRIBUNSOLO.COM, SUBANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyoroti aksi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang bagi-bagi minyak goreng murah sembari mengampanyekan anaknya.

Jokowi pun tegas mengingatkan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk fokus bekerja.

Pernyataan itu ditegaskan Presiden Jokowi saat merespons pertanyaan tentang Mendag Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan untuk memilih anaknya saat kunjungan kerjanya ke pasar.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja,” kata Presiden Jokowi menyampaikan saat mengunjungi Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Zulkifli Hasan Bagikan Minyak Goreng Sambil Kampanye Anaknya, Politikus PDIP : Memalukan

“Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp14000 atau di bawah Rp14.000 paling penting itu, tugas dari saya itu,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi pun kembali mengaskan, ia menitikberatkan kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju yang berkaitan dengan energi dan pangan untuk benar-benar fokus bekerja.

Pasalnya menurut Jokowi, saat ini dunia tengah terdisrupsi di bidang energi dan pangan sehingga perlu konsentrasi dan jangan sampai terpeleset.

“Jadi, ke pasar-pasar adalah, dalam rangka mengecek, saya pun juga sama, ke pasar mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah. Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium, yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 atau di bawahnya,” ujarnya.

“Kalau yang saya datangi pasar-pasar sudah di angka Rp14.000 itu kalau di luar Jawa ada yang masih di atas Rp14.000 itu satu-persatu akan kita selesaikan.”

Baca juga: Catat Janji Mendag Zulkifli, Dua Minggu Lagi Minyak Goreng Harga Rp 14 Ribu Dijual di Mana-mana

Diberitakan sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan hadir di Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (9/7/2022) terkait distribusi minyak goreng curah di angka Rp14.000 per liter.

Saat itu, berlangsung pasar murah bertajuk PANsar di mana warga dapat membeli 1 liter minyak goreng seharga Rp10.000. 

Namun kemudian Zulkifli Hasan menggratiskan minyak goreng tersebut.

“Uangnya enggak usah, dikantongin saja. Rp10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali,” ucap Zulkifli menjanjikan.

Tambahan informasi, Futri Zulya Savitri merupakan anak dari Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan tindakan Zulhas saat mempromosikan anaknya ketika momen pembagian minyak goreng merupakan acara dari partai.

Futri Zulya Savitri merupakan pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Kunjungan Zulhas dalam acara tersebut disorot karena mewakili dua kepentingan sekaligus yakni sebagai Mendag dan Ketua Umum PAN yang tengah kampanye. (*)

Sumber: Kompas TV
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved