Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Ketimbang Bensin? Inilah Fakta Sebenarnya

Benarkah anggapan irit karena harga solar lebih murah, atau memang mesin diesel mampu menempuh jarak lebih panjang setiap liternya?

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
GridOto.com
Ilustrasi Isuzu Panther. Mobil bermesin diesel yang fenomenal di Indonesia. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Selama ini ada anggapan mobil bermesin diesel lebih irit bahan bakar.

Benarkah anggapan irit karena harga solar lebih murah, atau memang mesin diesel mampu menempuh jarak lebih panjang setiap liternya?

Hal itu lantaran konsumsi bahan bakar juga sangat berkaitan dengan gaya pengemudi mengoperasikan kendaraan. 

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim menyebut, secara umum mesin diesel lebih tangguh pada putaran rendah, jadi jika kedua mesin diadu pada putaran rendah maka mesin diesel yang akan menang.

Baca juga: Negara Mulai Megap-megap Subsidi BBM, Jokowi Sebut Harga Pertalite Seharusnya Rp 17 Ribu

“Untuk menentukan iritan mana, perlu dilakukan uji coba, untuk menempuh medan seperti apa, jaraknya berapa, kondisinya seperti apa, itu lebih akurat, hanya saja jika berdasarkan logika antara mesin bensin dan diesel perbedaan konsumsi bahan bakarnya secara umum tidak jauh beda karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing” ucap Ibrohim, dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Ia pun menjelaskan, jika pengendara mesin diesel bisa menjaga rentang kerja putaran mesin di rpm rendah, mungkin akan bisa lebih irit karena torsi yang dihasilkan lebih besar.

Alhasil, kendaraan lebih laju jika dibandingkan dengan mesin bensin pada putaran mesin yang sama.

“Itulah mengapa disebut mesin diesel lebih irit, akan lebih menang lagi jika mobil diesel dan bensin diadu pada medan yang terjal, maka mesin diesel akan jauh lebih irit bahan bakar karena memiliki torsi yang lebih besar,” uap Ibrohim.

Baca juga: Kuota BBM Subsidi Menipis Pertalite Bakal Langka, Ekonom: Penyaluran BBM Subsidi Harus Tepat Sasaran

Tidak hanya itu, kebanyakan mesin diesel sudah dilengkapi dengan komponen penunjang peningkatan efisiensi bahan bakar seperti turbocharger dan EGR, maka hal itu dikatakan Ibrohim bisa membuat mesin diesel lebih irit bahan bakar.

“Apalagi harga solar kan lebih murah jika dibandingkan dengan bensin, maka bisa saja itu yang menyebabkan anggapan mesin diesel lebih irit bahan bakar, padahal ya sama saja tergantung pengemudinya dan kondisi jalannya” ucap Ibrohim.

(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved