Piala AFF U16 2022

Viral Menpora Angkat Trofi Juara Piala AFF U16 Tuai Kritik, Zainudin Amali : Bukan Keinginan Saya

Zainudin Amali, bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan nimbrung dalam prosesi pengangkatan trofi Piala AFF U16 2022. Hal itu pun dikritik netizen.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
tangkap layar twitter
Momen Menpora, Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ikut mengangkat trofi juara Piala AFF U16 2022 yang diraih Timnas U-16 Indonesia seusai mengalahkan Vietnam 1-0 di laga final Piala AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022). 

TRIBUNSOLO.COM --  Menpora Zainudin Amali buka suara mengenai momen mengangkat trofi di podium juara Piala AFF U16 2022 yang viral di media sosial.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali jadi sorotan di media sosial setelah laga final Piala AFF U16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam WIB.

Pasalnya, Zainudin Amali, bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan nimbrung dalam prosesi pengangkatan trofi Piala AFF U16 2022.

Baca juga: ASEAN Para Games Usai, Menpora Zainudin Amali : Administrasi Segera Beras Semua, Jangan Ada Masalah

Keduanya diamanahkan untuk menyerahkan trofi ke kapten timnas U16 Indonesia Muhammad Iqbal Dwijangge karena berstatus sebagai pejabat tinggi.

Namun, anehnya Amali dan Iriawan tak hanya memberikan piala saja, tetapi juga ikut mengangkatnya bareng Iqbal Dwijangge di atas podium.

Setelah itu, mereka pun keluar dari hiruk pikuk pemain timnas U16 Indonesia yang tengah gembira merayakan juara.

Sadar jadi perbincangan karena momen angkat trofi tersebut, Zainudin Amali akhirnya memberikan klarifikasi pada Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Iqbal Gwijangge Pemain Terbaik Piala AFF U16 2022 Akan Jadi Anak Angkat Ketum PSSI,Ini Kata Sang Ibu

"Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke atas panggung bersama Presiden AFF, Sekjen AFF, Ketum PSSI dan Sekjend PSSI," ucap Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

"Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik," imbuhnya.

Menpora Amali menyebut dirinya bersama Mochamad Iriawan dan Sekjen AFF, diminta oleh Presiden AFF untuk menyerahkan trofi dan diangkat secara bersama-sama.

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara satu (Indonesia)," kata Amali.

"Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U16 oleh Presiden AFF kepada Captain Tim (M. Iqbal)," ujar Menpora Amali.

"Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat keatas bersama-sama," urai Amali.

Baca juga: Presiden AFF Puji Ketum PSSI Setelah Timnas U16 Indonesia Juara Piala AFF, Sebut Bawa Kemajuan

Zainudin Amali lebih lanjut mengatakan, dia diajak kembali berfoto bersama oleh Iqbal Dwijangge dkk dengan momen mengangkat trofi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved