Berita Sragen Terbaru

Dampak Harga BBM Naik, Harga Kebutuhan Pokok di Sragen Mulai Naik: Bawang hingga Kerupuk  

Harga kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan pasca diumumkannya kenaikan harga BBM. Beberapa yang terpicu naik seperti bawang hingga kerupuk.

TribunSolo.com/Septiana Ayu
Suasana Pasar Bunder Sragen saat tradisi prepegan jelang 1 Ramadan, Sabtu (2/4/2022) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Septiana Ayu Lestari

TRIBUNSOLO.COM, SRAGEN - Emak-emak yang ada di Kabupaten Sragen disarankan untuk lebih berhemat pasca kenaikan harga BBM.

Pasalnya, perlahan namun pasti harga kebutuhan dapur mulai merangkak naik.

Salah satu pedagang di Pasar Bunder Sragen, Sunarto mengatakan jika hampir semua kebutuhan dapur mulai mengalami kenaikan, mulai dari bawang, mie hingga kerupuk. 

"Semenjak ada kenaikan BBM barang-barang yang ada di pasar, bumbu-bumbu dapur, kebutuhan dapur, sembako pada naik harganya," ujarnya kepada TribunSolo.com, Rabu (7/9/2022). 

Menurutnya, harga bawang putih sebelumnya seharga Rp 14.000/kg kini mulai naik sedikit menjadi Rp 14.500/kg.

Bawang merah yang sebelumnya mahal, sempat mengalami penurunan, namun semenjak adanya gejolak kenaikan BBM harganya kembali naik dikisaran Rp 30.000/kg.

Diberitakan sebelumnya, cabai merupakan komoditi yang merespon cepat kenaikan harga BBM karena harganya melambung tinggi di Kabupaten Sragen

Harga cabai keriting merah mulai dari Rp 35.000/kg menjadi Rp 75.000/kg, sedangkan harga cabai rawit merah juga naik, mulai Rp 36.000/kg menjadi Rp 50.000/kg.

Sunarto menuturkan selain itu, harga kebutuhan dapur juga mengalami kenaikan, seperti mie bihun, kacang tanah hingga kerupuk mentah.

Baca juga: Dampak BBM Naik, Tarif Bus AKAP dari Sragen Jurusan Jakarta hingga Sumatera Naik hingga Rp 50 Ribu

"Yang naik selain bawang ada mie, kerupuk, kacang, kebutuhan bahan pokok sehari-hari sejak ada gejolak BBM itu tambah naiknya, pedagang mulai tambah susahnya," jelasnya. 

"Mie superior, atau mie Jawa itu naik sekitar Rp 2.000 hingga Rp 2.500 per pack, kacang tanah awalnya Rp 25.000 jadi Rp 30.000, kerupuk biasanya Rp 25.000 jadi Rp 30.000," terangnya. 

Bagi emak-emak yang punya kebiasaan memasak dengan memakai bumbu-bumbu kemasan instan juga harus waspada. 

Karena diperkirakan harga bumbu instan ikut mengalami kenaikan harga. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved