Berita Sukoharjo Terbaru

Pria Asal Sragen Mengaku Petugas Metrologi, Tarik Korban Rp 120 Ribu: Palsukan Cap Tanda Tera 

Pria asal Sragen melakukan penipuan di Sukoharjo. Dia menyamar sebagai Petugas Metrologi untuk mendapatkan untung.

TribunSolo.com/Agil Tri
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan (Kanan). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti 

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - AM (32) warga Kecamatan Masaran, Sragen ditangkap Polisi Sukoharjo lantaran memalsukan cap tanda tera timbangan. 

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan peristiwa itu bermula saat pelaku yang diketahui sebagai seorang reparatir timbangan, berniat untuk melakukan tera timbangan. 

Menurut Kapolres, pelaku pernah bekerja di reparasi timbangan milik orang lain dan juga pernah membantu proses tanda tera. 

"Jadi dengan pengetahuan yang dimilikinya ini, pelaku kemudian memiliki ide untuk pemalsuan cap tanda tera,” kata dia, kepada TribunSolo.com, Kamis (15/9/2022). 

Dia menerangkan, modus yang digunakan oleh pelaku yakni mengaku sebagai petugas Metrologi Sukoharjo. Dalam menjalankan aksinya, pelaku dibantu oleh saudaranya. 

"Pelaku mendatangi korban dan kemudian mengambil timbangan lalu melakukan pemalsuan cap tanda tera. Setelah dipalsukan, timbangan kemudian dikembalikan," terang dia. 

Untuk meyakinkan pada korbannya, kata dia, pelaku juga memberikan kwintansi. Setelah itu, pelaku menarik biaya kepada korban dengan nilai Rp 120.000.

Baca juga: Uji Tera Pertashop di Karanganyar Dipertanyakan, Dinas Surati Pertamina Agar Dilakukan Tera Ulang

Korban kemudian merasa ada yang janggal, selanjutnya melakukan pengamatan. Hasilnya, ditemukan adanya pemalsuan cap tanda tera. 

Menurut Kapolres, pihaknya yang mendapat laporan itu kemudian melakukan penyelidikan hingga akhirnya mengamankan pelaku. Adapun pelaku berhasil menipu sebanyak tiga orang korban. 

"Atas perbuatannya tersebut, pelaku dijerat Pasal 255 ayat (1) KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 4 (empat) tahun penjara," jelasnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved