Berita Wonogiri Terbaru

Berkali-kali Disita Branjang Apung Tetap Merajalela di WGM, Bupati Wonogiri Singgung Masalah Mindset

Masalah mindset menjadi alasan utama branjang apung ilegal tetap merajalela di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri meski berulang kali disita

Istimewa
Branjang apung ilegal yang berada di perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Keberadaan branjang apung yang semakin marak itu dikhawatirkan dapat mengganggu dan merusak ekosistem di perairan tersebut. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Branjang apung ikan di wilayah perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri terus merajalela meski berkali-kali disita.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menilai sulitnya mengatasi permasalahan branjang apung di WGM itu dikarenakan persoalan mindset pelaku ekonomi disana.

"Kalau dari segi regulasi, kita semua paham bahwa branjang apung ini adalah alat tangkap ikan yang ilegal," kata Joko, kepada TribunSolo.com, Senin (19/9/2022).

Menurutnya, pihaknya juga sering mengundang nelayan untuk diberikan edukasi pendampingan dan pemahaman pentingnya menjaga ekosistem di WGM agar seimbang.

Tak jarang, kata Bupati, pemerintah juga sering melakukan upaya pembersihan branjang apung ilegal yang ada di sana, namun diakui hasilnya tidak optimal.

Baca juga: Meresahkannya Branjang Apung Ilegal di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Dikhawatirkan Rusak Ekosistem 

Baca juga: Eks Gudang Dinamit Jepang di Wonogiri: Saksi Bisu Kejamnya PKI, Warga Sering Dengar Suara Tangisan

Pria yang kerap disapa Jekek itu mengatakan solusi dari permasalahan itu adalah kebersamaan dan tidak bisa beberapa pihak saja.

"Harus ada action dan langkah bersama, pertama kita beri pemahaman, kalau tidak direspon positif ya diambil langkah penindakan, pembersihan branjang apung," jelasnya.

Jekek mengatakan, hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

Dengan begitu, penyelesaian permasalahan branjang apung itu bisa dirampungkan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved