Info Pendidikan

SD Al Firdaus Mulai Kembali Menggelar Ekstrakurikuler Panahan Bagi Siswanya

Sebagai sekolah dasar berstandar Internasional terbaik di Kota Solo, SD Al Firdaus mengusung kembali eksrakurikuler panahan pada bulan September. 

TribunSolo.com/Dok Ankie
Siswa SD Al Firdaus mengikuti ekstrakurikuler panahan. Olahraga ini adalah yang disunahkan oleh nabi. 

TRIBUNSOLO.COM - Sebagai sekolah dasar berstandar Internasional terbaik di Kota Solo, SD Al Firdaus mengusung kembali ekstrakurikuler panahan pada bulan September. 

Ekstrakurikuler ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila dengan menyesuaikan minat dan bakat peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler yang sebelumnya sempat vakum selama dua tahun karena pandemi, kini berangsur mulai hidup kembali.

Di SD Al Firdaus kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa adalah Ekstrakurikuler Panahan.

Kegiatan ini dimulai kembali pada sabtu, 10 September 2022, yang seterusnya akan dilaksanakan pada hari sabtu minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

Kegiatan panahan untuk kelas 1-3 berada di area SD Alfirdaus. Sedangkan untuk kelas 4-6 berada di lapangan SM Alfirdaus.

Menurut Hartono, selaku pelatih panahan, berpendapat bahwa olahraga panahan adalah salah satu olahraga yang disunahkan oleh nabi.

Baca juga: Briefing Pagi Sore : Kunci Al Firdaus Arahkan Siswa

Baca juga: Ajak Siswa Gemar Membaca Sejak Dini, SD Al Firdaus Buat Program Reading is Fun! 

Olahraga panahan memiliki beberapa manfaat antara lain meningkatkan koordinasi mata dan tangan, menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan konsentrasi dan fokus, membangun kekuatan tubuh, membakar kalori, melatih kesabaran dan meningkatkan kepercayaan diri.

Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan tertib. Diikuti oleh seluruh siswa dengan penuh antusias dan semangat.

Selain ekstrakurikuler wajib, SD Al Firdaus juga memiliki ekstrakurikuler tambahan yang dilaksanakan setiap jum’at.

Kegiatan ekstra tersebut meliputi Bina Vokalia, Badminton, Futsal, Taekwondo, Science club, Mathematic Club, English Club, Content Creator, Seni Lukis, Robotic dan Coding.

Ekstra tambahan ini bisa dipilih siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Hal ini bertujuan agar siswa memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan dan bervariasi untuk menjadi pembelajar yang percaya diri, mandiri dan kreatif. (Ankie)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved