Pilpres 2024

Prabowo Subianto Beri Tanggapan soal Wacana Jokowi jadi Cawapresnya, Sinyal Ada Kemungkinan?

Adapun wacana Jokowi bisa maju sebagai cawapres sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
setneg.go.id
Jokowi dan Prabowo bersalaman. Terbaru, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan tanggapannya soal wacana duet Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Beberapa waktu belakangan muncul wacana menduetkan Prabowo Subianto-Joko Widodo dalam gelaran Pilpres 2024.

Wacana itu pun menuai tanggapan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurutnya, wacana Presiden Joko Widodo menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan dirinya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca juga: Dulu Rival di Pilpres, Prabowo Subianto Kini Akui Kehebatan Jokowi : Beliau Berpihak ke Rakyat Kecil

“Ya sebuah kemungkinan. Ada saja,” ujar Prabowo seraya berseloroh saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Adapun wacana Jokowi bisa maju sebagai cawapres sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat dari Presiden RI, Joko Widodo saat pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). PDIP memastikan kedekatan Jokowi dan menteri-menterinya bukan sebagai kode dukungan Pilpres 2024.
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat dari Presiden RI, Joko Widodo saat pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). PDIP memastikan kedekatan Jokowi dan menteri-menterinya bukan sebagai kode dukungan Pilpres 2024. (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Bambang Pacul berpendapat jika Jokowi bisa saja menjadi wakil presiden pada 2024 mendatang.

"Kalau Pak Jokowi mau jadi wapres, ya sangat bisa. Tapi, syaratnya diajukan oleh parpol atau gabungan parpol," kata Pacul saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Survei SMRC, Elektabilitas Puan Kalah dari Ganjar dan Prabowo, FX Rudy : Masalah Survei Biar DPP

Dari klaim Bambang Pacul, tidak ada aturan yang melarang Jokowi maju sebagai cawapres.

Sebab masa jabatan Jokowi sebagai Presiden akan berakhir pada 2024.

Jokowi sendiri tak mau menanggapi wacana tersebut.

Dia menyebut wacana itu bukan berasal dari dirinya.

"Ini muncul lagi jadi wapres (cawapres). Itu dari siapa? Kalau dari saya, akan saya terangkan. Kalau enggak dari saya, saya enggak mau saya nerangin," kata Jokowi.

Mantan Ketua MK Tegaskan Jokowi Tak Bisa Jadi Cawapres 2024

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie meluruskan kabar beredar yang sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa maju sebagai cawapres.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved