Berita Solo Terbaru

Mahasiswa UNS Ciptakan Produk Usaha Bernama Porpen Matewa 2in1, Bisa Jadi Pupuk Ramah Lingkungan

Mahasiswa UNS menciptakan pupuk yang ramah lingkungan yang bisa membasmi hama sekaligus untuk menyuburkan tanaman, namanya Porpen Matewa.

Penulis: Eka Fitriani | Editor: Ryantono Puji Santoso
Istimewa
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta saat melakukan penelitian produk mereka, Porpen Matewa 2in1. 

Laporan wartawan Tribunsolo.com, Eka Fitriani 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluncurkan inovasi produk usaha baru di bidang pertanian yaitu Porpen Matewa.

Porpen Matewa berupa produk “2in1” Pupuk Organik Cair (POC) yang sekaligus dapat dijadikan sebagai pestisida nabati untuk menyuburkan tanah dan pemberantasan hama tanaman.

Produk inovasi usaha tersebut menjadi salah satu solusi peningkatan produksi tanaman yang dibudidayakan oleh para petani, terutama budidaya padi.

Produk inovasi itu dinilai lebih aman dibanding pupuk kimia dan pestisida kimia karena dibuat 100 persen dari bahan-bahan organik yang berbahan dasar buah maja, limbah tempe, dan gula jawa.

“Semoga ke depannya produk kami, Porpen matewa bisa diterima masyarakat luas, khususnya petani. Karena Porpen Matewa jauh lebih baik dibanding dengan produk pupuk kimia dan pestisida nabati,” kata ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP) UNS, Okta Viana Faridaturrofiah, Rabu (28/9/2022) siang.

“Hal ini dikarenakan produk kami terbuat dari bahan-bahan organik yang tidak merusak lingkungan dalam waktu jangka panjang,” jelas Okta.

Tim PKM-K FP UNS yang dibimbing oleh Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P. ini diketuai Okta Viana Faridaturrofiah bersama anggotanya yaitu Nurin Adyanisa Fajrin, Erna Parmelina, Eka Lutvia Ningsih, dan Novilia Romadhona, yang kesemuanya merupakan mahasiswa dari Prodi Agroteknologi.

Baca juga: PLN Berikan Bantuan Pengolahan Limbah Rumah Pemotongan Hewan untuk Pupuk Organik

Okta mengatakan, bahwa produk porpen Matewa membuka peluang pasar yang baik dan menjadi awal baru bagi mahasiswa pertanian untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Selain itu juga bernilai ekonomis, sebagai peningkatan produktivitas hasil pertanian lebih baik lagi.

Produk Porpen Matewa mengandung buah maja, limbah tempe, dan gula jawa.

Buah maja sendiri mengandung nitrogen tinggi, zat pengatur tumbuh (ZPT), dan senyawa tanin sehingga dapat menjadi pupuk organik sekaligus pestisida nabati untuk melindungi tanaman dari serangan hama.

Senyawa tanin memiliki rasa pahit jika bereaksi dengan protein, asam amino, dan alkaloid, sehingga rasanya yang pahit tidak disukai serangga yang menjadi hama pada tanaman.

Limbah tempe mengandung unsur hara N, P, dan K, yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Gula jawa merupakan sumber makanan bagi mikroorganisme. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved