Piala Dunia 2022

Skenario Timnas Jerman untuk Lolos Fase Grup Piala Dunia 2022, Ada Peluang tapi Bergantung Tim Lain

Dari sisi peluang lolos dari fase grup, Timnas Jerman sedikit terjepit meski kini menempati peringkat ketiga klasemen Grup E Piala Dunia 2022.

AFP/NICOLAS TUCAT
Timnas Jerman 

TRIBUNSOLO.COM - Kekalahan Timnas Jerman membuat pecinta sepakbola terheran-heran pada matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Jerman sebagai pengoleksi empat gelar juara Piala Dunia menyerah 1-2 ketika menghadapi Jepang, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Hasil Babak Pertama Korea Selatan vs Uruguay di Piala Dunia 2022: Skor 0-0

Dari sisi peluang lolos dari fase grup, Timnas Jerman sedikit terjepit meski kini menempati peringkat ketiga klasemen Grup E Piala Dunia 2022.

Sebab, timnas Jerman tertinggal tiga angka dari Spanyol dan Jepang yang secara berurutan duduk di peringkat pertama-kedua.

Der Panzer, julukan timnas Jerman, tampak semakin tersudut karena pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2022 harus menghadapi Spanyol.

Di sisi lain, Jepang akan melawan Kosta Rika yang kini terdampar di dasar klasemen Grup E setelah kalah telak 0-7 dari Spanyol.

Jika Jepang sukses meraih poin (menang atau imbang) saat melawan Kosta Rika, timnas Jerman akan langsung tersingkir andai mereka kalah dari Spanyol.

Statistik di atas adalah rangkuman data dari Piala Dunia 1994 hingga 2018 atau pada era aturan tiga poin.

Sebelum Piala Dunia 1994 Amerika Serikat, FIFA masih memberi dua poin untuk tim pemenang pertandingan fase grup.

Berdasarkan data jurnalis ESPN, Alexis Martin-Tamayo, sebanyak 65 tim gagal melaju ke fase gugur Piala Dunia setelah takluk pada partai pembuka.

Baca juga: Bocah Asal Thailand Kini Populer Karena Prediksi Pertandingan Piala Dunia 2022, Selalu Tepat!

Berikut adalah rincian data nasib tim yang kalah pada partai perdana Piala Dunia periode 1994-2018:

  • Juara Grup: 2 tim (2,7 persen)
  • Runner up: 6 tim (8,3 persen)
  • Peringkat ketiga: 26 tim
  • Juru kunci: 39 tim

Data di atas sangat menarik karena hanya ada dua tim yang berhasil menjadi juara grup setelah kalah pada pertandingan pembuka Piala Dunia.

Dua tim itu adalah timnas Spanyol (Piala Dunia 2010) dan Kolombia (Piala Dunia 2018).

Dikutip dari Squawka, timnas Spanyol juga menjadi satu-satunya tim dalam sejarah Piala Dunia yang berhasil bangkit menjadi juara setelah kalah pada partai perdana.

Statistik di atas tentu tidak bisa menjadi patokan bagaimana nasib timnas Argentina dan Jerman pada Piala Dunia 2022 Qatar.

(*)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved