Berita Klaten Terbaru

Libur Nataru di Depan Mata, PT KAI Siap-siap : Cek Kereta Api, Perlintasan hingga Imbauan Prokes

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo menyebut pihak PT KAI sudah melakukan persiapan untuk menyambut Nataru.

Penulis: Zharfan Muhana | Editor: Asep Abdullah Rowi
TribunSolo.com/Vincentius Jyestha
Kondisi kereta rel listrik (KRL) rute Yogyakarta-Solo terisi penuh oleh penumpang. Sambut Nataru PT KAI menyiapkan berbagai hal. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Zharfan Muhana

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah di depan mata.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo menyebut pihak PT KAI sudah melakukan persiapan untuk menyambut Nataru.

Di antaranya melakukan pemeriksaan lintasan yang dilalui kereta api mulai dari arah barat mdi Stasiun Jenar hingga Stasiun Kedungbanteng dan dari Stasiun Goprak hingga Stasiun Wonogiri.

Tak hanya itu, kereta api juga secara kontinyu dicek.

"Sudah siap, sesuai dengan rutinitas," terang dia kepada TribunSolo.com.

Selain lintasan kereta, pihak PT KAI juga masih menerapkan protokol kesehatan  (Prokes) untuk seluruh penumpang mulai dari lingkungan stasiun hingga kereta api jarak jauh.

Syarat perjalanan bagi calon penumpang sesuai surat edaran Kemenhub No.84 tahun 2022 yang menyatakan bahwa syarat perjalanan baik swab antigen maupun PCR tidak berlaku lagi.

"Tapi bila ingin masuk lingkungan stasiun suhu tubuh tidak boleh diatas 32.3 celcius," jelas dia.

Apabila naik kereta api jarak jauh jika berusia 18 tahun ke atas wajib vaksin booster atau dosis ke 3, sementara untuk usia 6 - 17 tahun wajib dosis ke 2.

Baca juga: Mantan Bupati Boyolali Mochamad Hasbi Meninggal Dunia karena Sakit, Dimakamkan di Semarang Hari Ini

Baca juga: Kampanyekan Kebinekaan, Balai Kota Solo hingga Gladak Bakal Dihias Lampion, Rayakan Natal

"Setiap keberangkatan juga masih kita berikan healthy kit yang berisi masker, tisu basah, dan hand sanitizer," imbuhnya.

Sementara soal vaksin, PT KAI memberikan vanksin kepada 500 orang di Stasiun Delangu.

Executive Vice Presiden KAI Daop 6 Yogyakarta, Iwan Eka Putra mengatakan kegiatan tersebut sebagai kontribusi PT KAI kepada masyakarat.

"Kegiatan hari ini melibatkan 500 peserta vaksin, alhamdulillah banyak masyarakat tertarik karena vaksinasi dan beberapa kegiatan dilakukan di atas Rail Clinic, " ujarnya.

Rail Clinic merupakan rangkaian kereta api yang terdiri dari Rail Library dimana gerbong tersebut sebagai tempat edukasi masyarakat perihal keselamatan di perlintasan, dan kesehatan. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved