Berita Solo Terbaru

UNS Surakarta Jadi Tuan Rumah Munas ke-1 APPPI : Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Sebagai Ketua Umum

Munas ke-1 APPPI secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. (UNS Surakarta) sebagai Ketua Umum

Tribunsolo.com/Eka Fitriani
Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI) yang diadakan 27-29 November 2022. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI) yang diadakan pada 27-29 November 2022.

Hasil akhir dari Munas ke-1 APPPI secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. (UNS Surakarta) sebagai Ketua Umum dan Dr. Euis Nursa’adah, M.Pd (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris sekaligus semua pengurus lengkapnya.

“Di Munas Ke-1 APPPI menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPPI kedepannya,” kata Ketua APPPI, Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D., Senin (28/11/2022).

“Terakhir adalah penandatanganan perjanjian kerjasama antar program studi oleh kepala program studi Pascasarjana Pendidikan IPA yang tergabung dalam APPPI,” katanya.

Baca juga: Gibran Kebut Pengerjaan Koridor Ngarsopuro, Pastikan Jadi Sebelum Pernikahan Kaesang dan Erina

Pada dasarnya, APPPI merupakan kumpulan Kepala Program Studi (Kaprodi) yang ada dalam S2 Pendidikan IPA dan S3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia.

Sulistyo yang juga Kepala Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS Surakarta mengharapkan APPPI ini dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia.

Dia membeberkan bahwa saat ini, di Indonesia belum ada asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA di Indonesia, pembentukan APPPI diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA.

“Kedua, menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik lalu ketiga, kedepan perlu pelaksanaan join riset dan publikasi yang bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPPI,” katanya.

Musyawarah Nasional ke-1 APPPI diikuti oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unnesa), Universitas Mataram (Unram), Universitas Pakuan Bogor.

Ada juga Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu, UIN Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, dan beberapa insitusi lainnya.

Pembukaan dihadiri oleh Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pascasarjana UNS Surakarta dan Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta.

Baca juga: Proyek Tol Solo-Jogja Pakai 93 Hektar Lahan Pertanian di Boyolali, Ternyata Sudah Ada Gantinya

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si dalam kesempatan tersebut juga memberikan sambutan.

Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si yang terpilih menjadi Rektor UNS Periode 2023-2027 berpesan bagaimana APPPI dapat mem-Profesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja kedepan dan pada intinya mengapresiasi Munas ke-1 APPPI yang diselenggarakan di UNS Surakarta.

“Saya berharap adanya kolaboratif dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian,” katanya.

“Pada dasarnya, keberadaan research citation menjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi. Selain itu, ada langkah kedepan bagaimana mengembangkan model-model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata,” katanya.

Prof Sajidan juga membeberkan bahwa pada intinya, kolaborasi antar Perguruan Tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk kedepannya.

“Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada,” katanya.

(*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved