Berita Wonogiri Terbaru

Hujan Deras, Banjir Pun Genangi Jalanan Pracimantoro Wonogiri, Akses Kendaraan Terpaksa Dialihkan

Jalanan di Kecamatan Pracimantoro tergenang banjir usai hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Selasa (29/11/2022). 

TribunSolo.com/Dok Camat
Jalanan di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri tergenang banjir usai hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Selasa (29/11/2022).  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti 

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Jalanan di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri tergenang banjir usai hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Selasa (29/11/2022). 

Camat Pracimantoro, Warsito menjelaskan, banjir itu menggenangi jalan di depan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pracimantoro, tepatnya di Dusun Nguku Kidul, Desa Pracimantoro

Dia menjelaskan, kondisi jalan yang berupa cekungan otu tergenang banjir. Setidaknya banjir itu memiliki ketinggian yang bervariasi. 

"Ketinggian banjir 1 sampai 1,5 meter. Kalau panjang jalan yang tergenang sekitar 75 meter. Ini tidak bisa dilalui kendaraan," kata Warsito, kepada TribunSolo.com.

Menurutnya sejak Selasa pagi wilayahnya diguyur hujan dengan intensitas deras. Akibatnya ruang pembuangan air (luweng) tak mampu menampung debit air hujan. 

Camat mengatakan, hanya ada satu luweng yang berada di sekitaran lokasi banjir. Karena hanya satu, aliran air menjadi tersumbat. 

Baca juga: Doa Bupati Boyolali Jelang Peresmian Gedung Baru Tribun Solo : Berikan Syiar Manfaat Bagi Masyarakat

Baca juga: Wilayah Nglangon Sragen Langganan Banjir Tapi Kini Kian Parah, Warga : Dulu Airnya Masuk Sawah

Akibatnya, kendaraan yang biasa melintas di lokasi harus dialihkan ke jalan perkampungan. Jalur alternatif itu diantaranya di Desa Glinggang dan Desa Gedong.

"Sebenarnya kalau hujannya reda, 1 hingga 2 jam ke depan sudah bisa surut. Tapi ini masih hujan. Memang di sana langganan banjir kalau hujan lebat," jelasnya. 

Dia memastikan, tak ada bangunan warga yang terdampak. Hanya saja air masuk ke dalam masjid Nur Iman yang berada lokasi. 

Terpisah, salah satu relawan dari Relawan Pracimantoro Bersatu (Prabu) Saryono juga membenarkan adanya banjir di wilayah Pracimantoro

"Benar, tapi hanya wilayah kota. Wilayah lain aman," kata pria yang akrab disapa Yono itu. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved