Piala Dunia 2022

Pelatih Brasil Ungkap Alasan Minta Pemain Menutupinya saat Selebrasi 'Goyang Merpati' di Piala Dunia

Pelatih Brasil, Tite, mengungkapkan alasan Tim Samba melakukan selebrasi menari dalam laga kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

(Photo by Alex Pantling / GETTY IMAGES EUROPE / Getty Images via AFP)(ALEX PANTLING)
Richarlison berselebrasi bersama rekan setimnya dan pelatih kepala timnas Brasil, Tite, selepas mencetak gol ketiga dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Korea Selatan. Laga Brasil vs Korea Selatan diselenggarakan di Stadion 974 pada Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. 

TRIBUNSOLO.COM - Selebrasi Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar tengah menjadi perhatian publik.

Hal ini tak lepas dari kritik Legenda Manchester United Roy Keane tentang tarian timnas Brasil usai terjadinya gol.

Baca juga: Pelatih AC Milan Stefano Pioli Jagokan Perancis Juara Piala Dunia 2022, Ini Alasan Dibaliknya

Bagi Roy Keane, melihat pemain Brasil selebrasi seperti menonton acara kontes menari terkenal di Inggris, “Strictly (Come Dancing)”.

“Saya tidak percaya apa yang saya tonton. Ini seperti menonton Strictly (Come Dancing),” ucap Roy Keane dikutip dari Daily mail.

“Saya tidak masalah dengan tarian pertama, untuk gol pertama, tetapi tidak untuk setiap saat,” ucap pria yang sekarang menjadi pengamat sepak bola itu.

“Saya pikir tidak sopan menari seperti itu setiap mereka mencetak gol, bahkan manajer mereka terlibat. Saya tak menyukainya,” ucapnya

Pelatih Brasil, Tite, mengungkapkan alasan Tim Samba melakukan selebrasi menari dalam laga kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Dalam sebuah momen bahkan pelatih Brasil ikut menari namun dikerumuni para pemain.

Momen menarik terjadi setiap kali timnas Brasil menjebol gawang Korea Selatan. Ya, Tim Samba melakukan selebrasi berkumpul, membuat lingkaran, lalu bergoyang merpati.

Tite sempat ikut menari dari pinggir lapangan saat Richarlison mencatatkan namanya di papan skor dalam laga kontra Korea Selatan.

Goyang merpati alias Danca do Pombo awalnya merupakan selebrasi khas Richarlison. Tarian yang meniru gerak-gerik merpati itu sesuai dengan julukan Richarlison, yakni Pombo (Si Merpati).

Tite mengungkapkan bahwa alasan dirinya ikut menari karena ingin merasakan euforia kebahagiaan keberhasilan Brasil mencetak gol.

Baca juga: Link LIVE STREAMING Persis Solo vs Rans Nusantara FC : Di Vidio.com Pukul 18.30 WIB

Ia juga menjelaskan kenapa pemain Brasil selalu menyembunyikan goyang merpati dengan membentuk lingkaran.

“Saya sangat berhati-hati, karena selalu ada orang yang akan memahaminya sebagai sikap tidak hormat,” ucap Tite dilansir dari UOL.

“Saya meminta mereka untuk menyembunyikan saya sedikit. Saya tidak ingin ada interpretasi lain selain rasa gembira untuk tim,” kata dia.

“Tidak ada rasa tidak hormat untuk lawan atau Paulo Bento (pelatih Korea Selatan) yang saya hormati,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, Tite juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin menyesuaikan diri dengan budaya di lingkungan pemain timnas Brasil saat ini.

“Kami mencoba untuk beradaptasi dengan karakteristik para pemain. Saya menyesuaikan diri dengan bahasa mereka, yang juga memiliki bahasa melalui tarian,” tutur dia.

(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    2
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Borneo
    20
    10
    6
    4
    36
    18
    16
    36
    5
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved