Studi Lapangan ke Wonogiri, Mahasiswa UKDW Yogyakarta Sambangi Regarsport dan UMKM Lainnya

Mahasiswa UKDW Yogyakarta studi lapangan ke Wonogiri dengan menyambangi Regarsport dan UMKM lainnya.

Penulis: Tim Advertorial | Editor: Eka Fitriani
Regarsport
Mahasiswa UKDW Yogyakarta Sambangi Regarsport di Wonogiri 

TRIBUNSOLO.COM - Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melakukan kunjungan dalam rangka studi lapangan ke beberapa UMKM yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022).

Dosen Fakultas Bioteknologi, Universitas Duta Wacana Yogyakarta, Kukuh, mengatakan studi lapangan ini merupakan implementasi dari salah satu mata kuliah Bioenterpreneurship yang diajarkan pada mahasiswa semester 7.

“Kunjungan kami ke Wonogiri adalah semacam studi lapangan untuk belajar dari UMKM lokal Wonogiri yang mengangkat potensi hayati," kata Kukuh dilansir dari brominemedia, Kamis (8/12/2022).

"Namun demikian, tidak hanya potensi hayati, kami juga memperkaya materi dari wirausahawan yang mengangkat potensi non hayati seperti perusahaan sandang Regarsport yang banyak mengembangkan konten digital sebagai sarana marketingnya,” jelasnya.

Baca juga: Ingin Punya Jersey Kpop? Bisa Pesan di Regarsport yang Punya Genre Sarange untuk Para Kpopers

Baca juga: Disnaker Wonogiri Gandeng Regarsport, Gelar Coaching Clinic Digital Marketing untuk Pelaku UMKM

Dalam kesempatan kali ini, Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta menggandeng Tim Wonogiren, konten kreator asal Wonogiri, untuk melaksanakan studi lapangan dan tour UMKM yang ada di Wonogiri.

Menurut Kukuh, kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa kepada praktisi pelaku wirausaha berbasis potensi hayati maupun non hayati. Ini merupakan kunjungan studi lapangan ke Wonogiri kali kedua bagi Fakultas Bioteknologi UKDW Yogyakarta. Sebelumnya, pada tahun 2021 telah dilakukan kegiatan yang sama dengan jumlah peserta yang lebih sedikit karena faktor Pandemi Covid-19. 

“Kami melakukan kunjungan ke 4 tempat. Pertama kami berkunjung ke Regarsport, UMKM Midic Jamur di Sidoharjo, Usaha Mie KUB Marta Tirtorejo, dan yang terakhir ke Nila Kencana,” terang Kukuh.

Kukuh mengaku terkesan dengan perkembangan UMKM yang ada di Wonogiri karena dapat mengangkat dan memanfaatkan kekayaan yang ada di lokal untuk dikembangkan ke ranah nasional maupun internasional.

Baca juga: Berdiri Sejak Tahun 2014, PT Regarsport Industri Indonesia Kini Genap 8 Tahun dan Usung Tema SEWINDU

Baca juga: Kejutan PT Regarsport di Tahun 2023: Buat Aplikasi Regar Friend, Bakal Jadi Super App

Salah satu hal yang membuat Kukuh terkesan ialah perkembangan perusahaan Regarsport yang awalnya merupakan salah satu UMKM skala mikro kini mampu menembus pasar nasional dan memiliki julukan “UMKM Naik Kelas”.

Diketahui, Regarsport merupakan perusahaan sandang yang memproduksi pakaian olahraga dan beragam produk sandang lain. Berdiri pada tahun 2014, kini Regarsport telah bertransformasi menuju arah digitalisasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di dalam proses bisnis dan produksinya.

“Yang bisa kami ambil dari pengalaman kunjungan ini dari Regarsport ialah spirit wirausaha dan kreativitas utamanya dalam memanfaatkan dunia internet konten digital. Sekarang yang menentukan laku tidaknya barang ya dari konten digital tersebut,” pungkas Kukuh.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved