Berita Solo Terbaru

Masuk Daftar 20 Politisi Muda Tervokal 2022 Versi I2, Gibran Sebut Biar Warga yang Menilai

Gibran memuncaki daftar 20 politisi muda tervokal 2022 berdasar Indonesia Indicator (I2). Dia banyak diberitakan media online selama 2022 ini.

TribunSolo.com/Ahmad Syarifudin
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui TribunSolo.com, Senin (9/1/2023) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berada dalam daftar 20 politisi muda tervokal 2022 berdasar Indonesia Indicator (I2). 

Predikat tervokal diberikan karena dia merupakan salah seorang politisi muda yang menguasai panggung pemberitaan media online di Indonesia sepanjang 2022. 

Gibran bahkan memuncaki daftar teratas dalam daftar tersebut, baik dari variabel ekspos pemberitaan maupun jumlah pernyataan yang dikutip media. 

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rusika Herlambang menyampaikan Gibran tercatat tampil dalam 41.946 berita dari 20.194.242 total berita yang disajikan 8.244 media online di Indonesia. 

Tak hanya sampai di situ, pernyataan Gibran dikutip media daring Indonesia sebanyak 76.427 kali.

“Terdapat rata-rata 3.000-an pemberitaan Gibran di media setiap bulan yang banyak mengangkat isu lokal hingga internasional yang berasal dari Solo,” papar Rustika dikutip dari Kompas.com.

Isu-isu lokal yang dimaksud diantaranya, persepakbolaan Indonesia, balapan anak muda, kluster Covid-19, kegiatan Jan Ethes Srinarendra, keamanan Kota Solo, darah anjing mencemari aliran Sungai Bengawan Solo, dan helm hilang. 

Adapun isu internasional yang menjadi perhatian Gibran, diantaranya konser Dream Theater, G20, dan delegasi Trade, Industry, and Investment Working Group (TIIWG) G20.

Isu-isu tersebut tidak hanya direspon secara aktif Gibran melalui media sosialnya.

Baca juga: Sederet Nama Pendukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI : Mulai Dari Kaesang, Raffi Ahmad hingga Gibran

Dia bahkan sampai terjun langsung ke lapangan.

“Itu sebabnya, nama Gibran juga sering disebut-sebut sebagai calon gubernur DKI Jakarta, mengikuti jejak ayahnya,” kata Rustika.

Adapun masuknya Gibran jadi salah seorang figur tervokal ada kemungkinan karena posisinya sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kendati demikian hanya 36 persen pemberitaan Gibran yang dikaitkan dengan statusnya tersebut. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved