Info Klaten

KPU Klaten Lantik 1.203 PPS Pemilu 2024, Bupati Minta PPS Segera Lakukan Tugas dan Fungsinya

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pelantikan tersebut sangat penting untuk pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara luber jurdil.

TribunSolo.com/Ibnu Dwi Tamtomo
Suasana pelantikan 1.203 anggota PPS se-Kabupaten Klaten di Gedung Grha Bung Karno, Selasa (24/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ibnu Dwi Tamtomo

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Sebanyak 1.203 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 mengikrarkan Sumpah/Janji dan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Klaten.

Kegiatan yang digelar Komisi Pemilihan Umum itu bertempat di Grha Bung Karno, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Selasa (24/1/2023).

Dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Forkopimda Kabupaten Klaten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Camat, dan tamu undangan lain.

"Hari ini dilantik 1.203 PPS se-Kabupaten Klaten dengan masa kerja 15 bulan, yakni per tangga 24 Januari 2023 sampai dengan 4 April 2024," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten, Kartika Sari Handayani ditemui usai kegiatan.

Kartika mengungkapkan jika ribuan anggota PPS tersebut diwakili 3 orang dari masing-masing desa se-Kabupaten Klaten.

Dari jumlah pendaftar sebanyak 3.274, yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes wawancara sebanyak 2.144 dan yang dilantik hari ini 1.203 orang dengan keterwakilan perempuan sebanyak 31,34 persen.

Besaran gaji yang akan diterima untuk Ketua PPS Desa/Kelurahan Rp 1,5 juta per bulan.

Baca juga: Lima Program Skala Prioritas untuk RKPD Klaten 2024, Ada Penciptaan Lapangan Kerja hingga Kemiskinan

Sedangkan untuk anggota mendapatkan Rp 1,3 juta per bulan.

Lebih lanjut, Kartika mengungkapkan jika petugas dan wewenang PPS adalah membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Harapannya, semua melaksanakan tugas seusai aturan yang ada. Menjaga profesionalisme, integritas dan netralitasnya. Sehingga pemilu 2024 akan berjalan lancar dan aman," katanya.

Usai menyaksikan pelantikan PPS, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan pelantikan tersebut sangat penting untuk pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara luber jurdil.

Oleh karena itu, PPS dituntut agar diisi oleh personel-personel yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas.

"Saya yakin Saudara yang telah terpilih menjadi PPS ini akan mampu mengatasi tantangan," tutur Sri Mulyani.

Selanjutnya, Sri Mulyani mengingatkan kepada anggota PPS agar segera melakukan koordinasi kepada jajaran pemerintah maupun sesama penyelenggara di wilayah tugas masing-masing.

"Saya ingatkan bahwa pelantikan ini merupakan momentum awal bagi pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai anggota PPS," katanya.

"Saya berharap agar segenap anggota PPS segera melakukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal khususnya kepada jajaran pemerintah maupun sesama penyelenggara di wilayah tugas masing- masing," tambahnya.

(*)

 

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved