Berita Karanganyar Terbaru

Ribuan Perangkat Desa Karanganyar Bakal ke Jakarta Februari 2023, Tuntut Masa Jabatan 60 Tahun

Ribuan perangkat desa di Karanganyar berencana ke Jakarta. Mereka menuntut masa jabatan sampai 60 tahun. Selain itu juga peningkatan kesejahteraan.

TribunSolo.com/Mardon Widiyanto
Sriyanto, Ketua Pangguyuban Kadus se kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Ribuan perangkat desa di Kabupaten Karanganyar berencana untuk berangkat ke Jakarta, Februari 2023.

Mereka menuntut kepada Pemerintah Pusat untuk mengembalikan Undang-undang tentang Desa ke semula, tepatnya sebelum pandemi Covid-19.

Sriyanto, Wakil Ketua Pangguyuban Kadus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, mengatakan ada sekitar 1360an perangkat desa di Kabupaten Karanganyar yang akan berangkat ke Jakarta.

"Rencananya, Februari kami akan berangkat ke Jakarta, saat ini baru akan koordinasi," kata Sriyanto kepada TribunSolo.com, Rabu (25/1/2023).

Sriyanto mengatakan, dalam tuntutanya, pihaknya ingin pemerintah Kabupaten Karanganyar mengembalikan ke UU Desa sebelumnya.

Selain itu, mereka akan memperjuangkan masa jabatan perangkat desa hingga 60 tahun serta meminta kesejahteraan dan jaminan purna tugas atau pensiun sebagai perangkat desa.

Baca juga: Soal Perangkat Desa yang Minta Diangkat PNS dan Dapat Dana Pensiun, DPRD Wonogiri Serahkan ke DPR RI

"Mohon poin-poin ini bisa dipikirkan dan dibahas oleh pemerintah pusat," kata Sriyanto.

Ketua PPDI Karanganyar, Sugeng Wiyono menuturkan dari hasil Rampinas PPDI di Solo beberapa waktu lalu, Dirjen Pemerintahan Desa berjanji akan melakukan sistem penggajian secara proporsional. 

"Selain itu akan ada pemberian BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan Jaminan Hari Tua," papar dia. 

"Kami ingin memperjuangkan itu di Jakarta nanti," singkat Sugeng. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved