Kanal

5 Fakta Menarik Penggali Kubur & Makam Sederhana Ibunda Presiden Jokowi di Perbatasan Karanganyar

Jenazah ibunda Jokowi Sudjiatmi Notomihardjo baru saja disemayamkan di pemakaman keluarga yang cukup sederhana di Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Kamis (26/3/2020).

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR – Prosesi pemakaman jenazah ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo yang terbilang sederhana tidak 'wah', sudah berlangsung dengan lancar.

Jenazah ibunda orang nomor satu di Indonesia itu disemayamkan di pemakaman keluarga di Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (26/3/2020).

Di makam tersebut berjarak cukup dekat dengan kediaman keluarga besar Joko di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo meskipun di luar kota.

Bendera Lelayu dari Kertas Merah & Makam di Desa,Ini 5 Kesederhanaan Pemakaman Ibunda Jokowi di Solo

Sebagai anak sulung kesayangan ibundanya, Jokowi yang memakamkan sendiri di liang lahat, berdoa dan talqin atau azan di tempat peristirahatan terakhir selama-lamanya.

Di balik itu, ada fakta menarik soal penggali kubur dan juga makam tersebut yang dipilih keluarga berada di desa sehingga jauh dari keramaian kota.

Berikut ini fakta menarik penggali kubur dan makam ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo :

1. Merupakan Tanah Pribadi

Meskipun di kawasan pemakaman terdapat tempat pemakaman umum (TPU) Mundu, tetapi ternyata keluarga besar Presiden Jokowi mempunya tanah sendiri di sekitar itu.

Hal itu dibenarkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Presiden Jokowi tengah khusuk berdoa usai jenazah ibundanya Sudjiatmi Notomihardjo baru saja disemayamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Kamis (26/3/2020). (TribunSolo.com/Dok Agus Suparto Fotografer Pribadi Jokowi)

Dia mengatakan, jika peristirahatan terakhir Sudjiatmi tersebut merupakan pemakaman keluarga besar Presiden Jokowi yang disebelahnya terdapat TPU untuk warga pada umumnya.

Bupati Karanganyar Berniat Bangun Taman di Sekitar Makam Ibunda Jokowi

Halaman
1234
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com

Detik-detik Evakuasi Pria yang Terjepit Batu Selama 10 Jam, Genset Mati, Sempat Makan dan Diinfus

Berita Populer