Pembantaian Pekerja di Papua

TNI Buka Suara soal Jumlah Korban Pembunuhan KKB di Nduga Papua yang Masih Simpang Siur

umlah korban pembunuhan yang dilakukan KKB di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua sampai saat ini masih simpang siur.

TNI Buka Suara soal Jumlah Korban Pembunuhan KKB di Nduga Papua yang Masih Simpang Siur
Kompas.com/John Roy Purba/Istimewa
Para korban selamat saat berhasil dievakuasi dari Mbua menuju ke Wamena, Papua 

TRIBUNSOLO.COM, JAYAPURA - Jumlah korban pembunuhan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua sampai saat ini masih simpang siur. 

Diberitakan sebelumnya, 31 orang diduga menjadi korban pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap para pekerja pembangunan jembatan Jalan Trans Papua di Distrik Yigi. 

Namun, 4 orang berhasil menyelamatkan diri saat hendak dieksekusi menggunakan timah panas dan kini telah dievakuasi ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya.

Mereka menjelaskan, jumlah pekerja saat itu mencapai 25 orang.

Update Kabar Terbaru Pembunuhan Pekerja di Papua: Kontak Senjata Terjadi, 1 Anggota Tertembak

Dari 25 orang itu, 4 orang berhasil kabur, 2 masih dinyatakan hilang, dan 19 dipastikan oleh saksi korban meninggal dunia.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf. Muhamad Aidi menjelaskan, munculnya jumlah korban mencapai 31 orang atas dasar laporan seorang pendeta di Yigi yang menjelaskan terjadi kasus pembunuhan di sana. 

“Jadi laporan awal yang kami terima dari seorang pendeta di Yigi, ada 8 orang yang mengungsi ke salah satu rumah keluarga anggota DPRD setempat, yang kemudian dilaporkan dieksekusi sebanyak 7 orang dan 1 berhasil melarikan diri,” katanya dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, Rabu (5/12/2018). 

Terkait laporan pendeta ini, lanjut Aidi, saksi korban sama sekali tidak mengetahuinya.

Seorang Anggota Tim Belukar Tertembak dalam Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua

“Jadi saksi korban hanya tahu tentang apa yang dialaminya bersama korban lainnya. Untuk 8 korban itu, sampai saat ini kami juga belum bisa mengkonfirmasinya,” jelasnya. 

Hanya saja, jelas Aidi, saksi korban Jimmi Aritonang menjelaskan kepada aparat penegak hukum, terdapat 25 orang yang dikumpulkan dari kamp pembangunan jembatan dan kemudian dibawa ke Puncak Kabo. 

Di Puncak Kabo, para pekerja ini ditembak, namun di antara mereka berhasil menyelamatkan diri dengan pura-pura mati. 

“Jadi ada 4 orang berhasil menyelamatkan diri dan saat ini mereka sudah kami evakuasi."

"Lalu 2 orang masih dikabarkan hilang."

"Sedangkan 19 orang lainnya, menurut saksi korban dipastikan meninggal dunia,” tukasnya. (Kontributor Jayapura, John Roy Purba)

Artikel di atas sebelumnya dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Soal Jumlah Korban Pembunuhan KKB di Nduga Papua, Ini Kata TNI

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved