Pihak Zumi Zola Bersyukur Majelis Hakim Beri Hukuman Lebih Ringan Dibanding Tuntutan Jaksa

Kuasa Hukum Zumi Zola, Muhammad Farizi mengatakan pihaknya sudah bersyukur atas putusan Majelis Hakim Tipikor.

Pihak Zumi Zola Bersyukur Majelis Hakim Beri Hukuman Lebih Ringan Dibanding Tuntutan Jaksa
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Gubernur Jambi Zumi Zola bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/1). Zumi Zola diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi 2018 dengan tersangka Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saipudin. 

TRIBUNSOLO.COM - Kuasa Hukum Zumi Zola, Muhammad Farizi mengatakan pihaknya sudah bersyukur atas putusan Majelis Hakim Tipikor.

Pasalnya, menurut dia, vonis tersebut dua tahun lebih ringan dibanding dengan tuntutan Jaksa KPK yang meminta agar Zumi divonis delapan tahun penjara.

"Kami sudah bersyukur karena dua tahun lebih ringan," kata dia usai persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Zumi Zola Dijatuhi Hukuman Tambahan, Hak Politiknya Dicabut

Kendati demikian, ia menilai, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Yanto masih dapat menurunkan putusan tersebut, dengan melihat beberapa pertimbangan yang telah disampaikan.

"Sebenarnya, kalau tadi melihat pertimbangan masih bisa diturunin lagi. Tapi, ya itu sudah menjadi keputusan hakim, kami menghormati hal itu," jelasnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 subsider  3 bulan kurungan pada Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola di perkara dugaan suap dan gratifikasi.

"Mengadili menyatakan terdakwa Zumi Zola telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan korupsi secara bersama sama," ucap Ketua Majelis Hakim, Yanto saat membacakan putusan, Kamis (6/12/2018) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Majelis Hakim Vonis Zumi Zola 6 Tahun Penjara

Dalam menjatuhkan vonis, majelis hakim mempertimbangkan hal yang meringankan yakni terdakwa Zumi Zola yakni sopan dan belum pernah dihukum sebelumnya dan telah mengembalikan uang Rp 300 juta.‎ 

Hal yang memberatkan, Zumi Zola tidak mendukung pemerintah yang gencar memberantas korupsi. 
Diketahui vonis  tahun tersebut, lebih ringan 2 tahun dari ‎tuntutan jaksa yang menuntut Zumi Zola dengan pidana penjara selama 8 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Jaksa juga menuntut agar majelis hakim memberikan hukuman tambahan berupa pencabutan hak politik selama 5 tahun setelah Zumi selesai menjalani hukuman. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Divonis 6 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Bersyukur Putusan Hakim
Penulis: Amriyono Prakoso

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved