Awal 2019, Gunung Semeru Ditutup untuk Pendakian Umum

Kegiatan pendakian di Gunung Semeru untuk sementara ditutup pada awal tahun 2019.

Awal 2019, Gunung Semeru Ditutup untuk Pendakian Umum
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI
Gunung Semeru 

TRIBUNSOLO.COM - Kegiatan pendakian di Gunung Semeru untuk sementara ditutup pada awal tahun 2019.

Hal ini dikemukakan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru lewat akun Instagramnya, @tnbromotenggersemeru.

Pengumuman nomor PG.03/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2018 dan tertanggal 26 Desember 2018 tersebut diunggah pada Rabu (26/12/2018) hari ini.

Penutupan pendakian Gunung Semeru secara total dilakukan sebagai upaya pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Upaya pemulihan ini biasa dilakukan pada awal tahun untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Kenedie tersebut berisi:

"Memperhatikan kondisi cuaca yang cenderung semakin memburuk disertai hujan lebat dan adanya pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan pengunjung."

"Maka, untuk sementara Kegiatan Pendakian Gunung Semeru DITUTUP SECARA TOTAL mulai tanggal 3 Januari 2019 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya."

"Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Semeru ini juga dimaksudkan untuk pemulihan/revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya."

"Demikian pengumuman ini kiranya dapat disebarluaskan kepada segenap Pencinta Alam dan Peminat Pendakian Gunung Semeru serta pihak-pihak terkait."

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved