Guru Besar Kimia UNS Solo Kembangkan Biosurfaktan yang Dapat Diperbarui

Biosurfaktan merupakan surfaktan yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu yang digunakan berbagai industri misalnya di industri makanan, biomedis,

Guru Besar Kimia UNS Solo Kembangkan Biosurfaktan yang Dapat Diperbarui
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Organik Sintesis dan Bioorganik FMIPA UNS Solo, Venty Suryanti, Kamis (10/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Biosurfaktan merupakan surfaktan yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu yang digunakan berbagai industri misalnya di industri makanan, biomedis, dan farmasi.

Molekul surfaktan merupakan produk turunan minyak bumi, molekul surfaktan secara kimia dapat mencemari lingkungan karena bersifat tidak dapat terdegradasi secara alami.

"Untuk itu, sangat diperlukan penggunaan surfaktan yang ramah lingkungan, Biosurfaktan menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan ini," kata Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Organik Sintesis dan Bioorganik FMIPA UNS Solo, Venty Suryanti, Kamis (10/1/2019).

Ia mengatakan Biosurfaktan adalah surfaktan yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu ketika ditumbuhkan dalam media dan kondisi tertentu.

Biosurfaktan bersifat biodegrable dan mempunyai toksistas yang rendah, sehingga ramah lingkungan.

"Ini merupakan potensi besar yang bisa digunakan untuk menggantikan surfaktan sintesis," katanya.

Venty mengakui faktor utama yang menjadi penghalang komersialisasi biosurfaktan adalah biaya produksi yang besar dan tidak ekonomis.

Sehingga substrat yang murah, mikroorganisme yang efektid, dan metode purifikasi harus dikembangkan secara intensif untuk mengurangi biaya produksi biosurfaktan.

"Solusinya, harus memanfaatkan aneka ragam kekayaan hayati yang sangat potensial digunakan sebagai substrat dalam sintesis biosurfaktan," terangnya.

Venty dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Organik Sintesis dan Bioorganik oleh Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi di Auditorium UNS Solo, Kamis (10/1/2019).

Rektor mengatakan bidang keilmuan ini sangat penting perannya dalam kehidupan masa kini.

"Pengetahuan tentang ilmu kimia membantu kita memahami peristiwa-peristiwa kimia dari yang sederhana sampai yang rumit," ujar Rektor.

Pendek kata, kata rektor, industri kimia sudah berkembang di semua bidang.

"Kami juga berharap agar kelimuan saudara bisa berperan dalam kehidupan bangsa dan negara di bidang Kimia," pungkas rektor. (*)

Penulis: Imam Saputro
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved