BMKG Perkirakan Sejumlah Wilayah di Jateng yang Rawan Banjir sampai Akhir Januari 2019

Empat hari yang lalu tepatnya tanggal 24 Januari 2019, akun Twitter BMKG Jateng sudah mempublikasikan peta prakiraan daerah potensi banjir di Jateng

BMKG Perkirakan Sejumlah Wilayah di Jateng yang Rawan Banjir sampai Akhir Januari 2019
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM, SEMARANG - Terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal, ternyata sudah diperkirakan oleh BMKG, Badan Informasi Geospasial, dan DJSDA-PU (Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum).

Empat hari yang lalu tepatnya tanggal 24 Januari 2019, akun Twitter BMKG Jateng sudah mempublikasikan peta prakiraan daerah potensi banjir di Jawa Tengah.

Berdasarkan data dari peta tersebut, daerah yang berpotensi tinggi terkena banjir pada dasarian III (21-31 Januari 2019) yakni pesisir utara Pemalang.

Sedangkan wilayah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal berpotensi menengah.

Menurut keterangan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, potensi rawan banjir dianalisis dari beberapa faktor.

"Di antaranya curah hujan, tutupan lahan seperti topografi, kemiringan, dan vegetasi di wilayah tersebut, serta daerah rawan banjir. Namun yang paling berpengaruh yakni curah hujan," bebernya, dikutip TribunSolo.com dari Tribun Jateng.

Musim Hujan, DPUPR Solo Imbau Warga Bersihkan Saluran Air

Pada dasarian I Februari 2019 (1-10 Februari 2019), wilayah yang berpotensi banjir mulai berkurang di Jawa Tengah.

Yang semula rata-rata berpotensi menengah, berubah menjadi rendah. Namun masih ada beberapa wilayah yang berpotensi banjir menengah.

"Pada awal Februari masih ada beberapa wilayah yang memiliki potensi banjir menengah. Seperti sebagian wilayah Cilacap, Brebes, Kendal, Semarang, Demak, Grobogan, Kabupaten Semarang, Boyolali, Sragen, dan Magelang," imbuhnya.

Iis menghimbau kepada masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang untuk waspada terhadap banjir. Saluran air yang tersumbat juga bisa membuat air meluap ke daratan. (Tribun Jateng/Faizal M Affan) 

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul "BMKG: Sampai Akhir Januari 2019 Sebagian Wilayah Jateng Berpotensi Banjir"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved