Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jumlah Penumpang Kereta Api dari Solo Justru Terkerek hingga 10 Persen

Kenaikan harga tiket pesawat, justru membawa berkah bagi moda transportasi darat seperti kereta api. Stasiun Solo Balapan pun kena imbasnya.

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jumlah Penumpang Kereta Api dari Solo Justru Terkerek hingga 10 Persen
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Calon penumpang tengah mengantre membeli tiket di Stasiun Solo Balapan yang berada di Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jateng, Sabtu (9/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kenaikan harga tiket pesawat, justru membawa berkah bagi moda transportasi darat seperti kereta api.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengungkapkan, ada grafik kenaikan pada penumpang kereta api, diantaranya dampak kenaikan harga tiket pesawat yang cenderung melonjak.

Termasuk lanjut dia, minat masyarakat terhadap moda transportasi massal seperti kereta api itu semakin membaik.

Apalagi, harga tiket kereta api selama ini dinilai stabil, karena ada batas bawah dan batas atas yang diatur secara ketat oleh pemerintah.

Kereta Api Kerap Datang saat Malam, Warga Minta Sky Bridge Tirtonadi - Balapan Solo Dibuka 24 Jam

"Kenaikan penumpang tidak signifikan, tetapi kalau rata-raya 10 persen ada," ungkap dia kepada TribunSolo.com, Sabtu (9/2/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kenaikan penumpang terjadi pada hari-hari biasa hingga saat akhir pekan (weekend) dan libur panjang (long weekend).

Penumpang keluar dari kereta api di Stasiun Solo Balapan yang berada di Kecamatan Banjarsari, Sabtu (9/2/2019).
Penumpang keluar dari kereta api di Stasiun Solo Balapan yang berada di Kecamatan Banjarsari, Sabtu (9/2/2019). (TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI)

Lonjakan penumpang itu disinyalir ada peralihan penumpang pesawat yang mulai menikmati kereta api karena harga tiketnya stabil.

"Misalnya minggu lalu, penumpang Argo Lawu kereta eksekutif jurusan Solo Balapan ke Jakarta naik hingga 15 persen," ucap dia.

Mahalnya Tiket Pesawat dan Pengenaan Tarif Bagasi Bikin Peminat Armada Bus di Solo Meningkat

"Harganya pun stabil, misalnya untuk long weekend Solo ke Jakarta mencapai Rp 550 ribu dan Solo ke Bandung Rp 300 ribu," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved