Pilpres 2019

Amien Rais Ditantang Buka Data setelah Sebut Prabowo-Sandi Unggul Telak di Jawa Timur

Amien Rais ditantang untuk buka data soal pernyataannya yang menyebut Prabowo-Sandi menang perolehan suara di Jawa Timur pada Pilpres 2019.

Amien Rais Ditantang Buka Data setelah Sebut Prabowo-Sandi Unggul Telak di Jawa Timur
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memberikan keterangan pers sebelum menyambangi pansus hak angket KPK di gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017). Kedatangan Amien Rais guna mendukung langkah Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

TRIBUNSOLO.COM - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur memberikan tanggapan soal pernyataan Amien Rais soal calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menang suara di Jawa Timur pada Pilpres 2019.

TKD pun menantang Amien Rais untuk membuka data mentah hasil survei di lapangan terbuka.

"Kalau perlu kita buka-bukaan hasil survei di lapangan Tugu Pahlawan, biar semua orang tahu," kata Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Machfud Arifin, Sabtu (20/4/2019). 

Video pernyataan Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi viral di media sosial sejak Jumat.

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, dalam video tersebut, dia menyapa pendukung Prabowo-Sandi di Jawa Timur dan memastikan bahwa Prabowo-Sandi menang di Jawa Timur berdasarkan real count 3 lembaga survei.

Bahkan dia menuturkan, kemenangan tidak hanya di wilayah Madura, tapi menang hampir di seluruh daerah di Jawa Timur dengan angka lebih dari 50 persen.

Prabowo Sebut Ada Lembaga Survei Abal-abal, Persepi Tantang BPN Buka Data Real Count Internalnya

Sementara itu, Mahfud menyebutkan bahwa pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang dengan angka 68 persen.

"Angka itu berdasarkan rekap data C1 yang dikirim oleh semua saksi di tingkat TPS yang malam ini hampir 100 persen masuk," ujarnya.

Dalam hasil rekap C1 tersebut, lanjut dia, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya kalah di 4 daerah yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Pacitan.

Hasil tersebut menunjukkan kenaikan dari Pilpres 2014. Saat itu, Jokowi kalah di 14 kabupaten dan kota.

"Kami menghormati Pak Amien Rais sebagai tokoh senior tanpa mengurangi rasa hormat, kami mengajak untuk buka-bukaan data saja."

"Kan Pak Amien bilang punya real count tiga lembaga, mana itu datanya ayo dibuka, kami juga punya data resmi dari rekapitulasi C1, semuanya valid," tuturnya. (Kompas.com/Achmad Faizal)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amien Rais Klaim Prabowo-Sandi Menang di Jatim, Ini Respons Kubu Jokowi-Ma'ruf"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved