Kasus Hukum Ahmad Dhani

Kasus Vlog, Ahmad Dhani Dituntut Hukuman 1 Tahun 6 Bulan Penjara oleh Jaksa

Ahmad Dhani, terdakwa perkara ujaran kebencian melalui Vlog Idiot dituntut 1 tahun 6 bulan penjara.

Kasus Vlog, Ahmad Dhani Dituntut Hukuman 1 Tahun 6 Bulan Penjara oleh Jaksa
(KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL)
Terdakwa Ahmad Dhani dalam sidang tuntutan kasus Vlog Idiot di PN Surabaya, Selasa (23/4/2019)(KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL) 

TRIBUNSOLO.COM - Ahmad Dhani, terdakwa perkara ujaran kebencian melalui Vlog Idiot dituntut 1 tahun 6 bulan penjara.

Tuntutan itu dibacakan jaksa penuntut umum dalam sidang lanjutan perkara tersebut di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (23/4/2019).

"Menuntut agar majelis hakim menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan kepada terdakwa Ahmad Dhani," kata jaksa Hari Basuki saat membacakan tuntutannya.

Pesan Singkat Ahmad Dhani dari Pengadilan Negeri Surabaya : BPN dan Rakyat Alam Semesta Kawal KPU

Kata jaksa Hari Basuki, perbuatan Ahmad Dhani yang mem-posting vlog "Idiot" dianggap telah memenuhi unsur pidana sebagaimana tertuang dalam pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang RI no 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Jaksa juga memberikan pertimbangannya dalam tuntutan tersebut. Pertimbangan yang memberatkan, selain terdakwa tidak mengaku bersalah atas kasusnya, perbuatan terdakwa juga menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan dalam upaya hukum kasasi.

"Pertimbangan yang meringankan, terdakwa bersikap sopan selama proses persidangan," kata Hari Basuki.

Menyikapi tuntutan jaksa penuntut umum, Azis Fauzi, salah satu tim kuasa hukum terdakwa Ahmad Dhani, menyebut jaksa mengabaikan fakta-fakta persidangan.

"Sebagian besar saksi mencabut keterangannya dalam Berita Acara Pemeriksaan. Fakta ini bisa dilihat oleh semua orang," terangnya.

Bahkan kata Azis, saksi ahli yang didatangkan oleh jaksa penuntut umum menyebut dakwaan pasal 27 ayat 3 UU ITE kurang tepat dituduhkan kepada Ahmad Dhani.

Al Ghazali Sampaikan Pesan Ahmad Dhani dari Dalam Tahanan

Selanjutnya tim kuasa hukum meminta waktu meminta 2 pekan untuk menyusun nota pembelaan atas tuntutan jaksa atau pledoi.

Vlog "idiot" dilakukan Ahmad Dhani November 2018 lalu di lobi hotel Majapahit Surabaya. Dia tertahan saat akan menghadiri deklarasi ganti presiden di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya.

Suami artis Mulan Jameela itu diadang oleh sekelompok massa agar tidak hadir di acara deklarasi ganti presiden.

Ahmad Dhani lantas membuat vlog untuk meminta maaf kepada panita penyelenggara deklarasi ganti presiden dan mengabarkan kepada massa yang menghadiri acara deklarasi ganti presiden jika dirinya tidak keluar dari hotel karena diadang massa.

Dalam vlog itu, Ahmad Dhani menyebut massa yang menghadangnya dengan sebutan idiot.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Vlog "Idiot", Ahmad Dhani Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara"
Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved